Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Vivo V9

Dalam artikel ini Elppas akan membahas bagaimana membuka casing belakang Vivo V9, tools kit apa saja yang di perlukan untuk membongkar ponsel ini, mengetahuai spesifikasi baterai original Vivo V9 serta bagaimana cara mengganti baterainya.

Sebelum bongkar (disassembly/teardown) mari kita siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan. Berikut tool kit yang diperlukan untuk bongkar Vivo V9:
Jika belum punya alatnya bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah silahkan lanjut ke step berikutnya.

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Vivo V9


Seperti biasa, hal pertama yang harus dilakukan pasti adalah mematikan dulu ponselnya, lalu lepaskan dulu SIM card traynya..


Untuk membongkar smartphone ini dimulai dari membuka casing belakang. Backcover V9 ini berbahan plastik yang dipinggirannya ada pengait ke frame body sebagai pengunci, selain itu juga ada sedikit lem perekat serta dikencangkan dengan baut Torx (bintang 6) berukuran T2 (0.9mm). Oleh karena itu, kita harus melepaskan skrup tersebut dengan menggunakan obeng T2..


Setelah 2 buah sekrup T2 dilepaskan, kita bisa membuka casing belakang dengan mencongkel bagian pinggirnya menggunakan opening pick..


Sisir atau geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengaitnya, sehingga bisa kita buka casing belakangnya. Hati-hati ada kabel flexible fingerprint sensor dari casing belakang yang terhubung ke bagian motherboard..


Konektor fingerprint sensor ditutup oleh plat atau bracket yang dikencangkan dengan baut. Oleh karena itu kita harus melepaskannya terlebih dahulu dengan menggunakan obeng phillips (plus) ukuran #00 atau 1.5mm..


Setelah baut dilepas dan bracket bisa dibuka, maka selanjutnya tinggal kita congkel konektornya dengan menggunakan spudger atau kuku..


Dengan terlepasnya konektor tersebut, maka casing belakang Vivo V9 bisa dipisahkan dari bodynya. Sampai sini panduan membuka casing belakang Vivo V9 selesai.

Jika ingin mengganti baterainya, silahkan lanjutkan ke tutuorial berikutnya.. Anda perlu mengganti baterai apabila baterai sudah tidak tahan lama, boros, cepat habis, kembung dan masalah baterai lainnya..

Lankgah 2: Mengganti Baterai Vivo V9


Sebelum membuka baterai, sebagai informasi, kita bahas dulu spesifikasi baterai original (bawaan) Vivo V9. Berikut spesifikasinya:
  • Jenis: Li-Polymer Battery
  • MODEL: B-D9
  • Voltage: 3.85V
  • Limited charge voltage: 4.4V
  • Rated capacity: 3180 mAh/12.24Wh
  • Typical capacity: 3260 mAh/12.55Wh
Untuk membeli baterai pengganti original mungkin bisa tanya ke Vivo Service Center. Atau bisa juga membeli di marketplace seperti AliExpress, Tokopedia, atau Bukalapak. Tapi kemungkinan di marketplace atau di toko biasa hanya ada yang OEM atau yang KW, pintar-pintar memilih saja.

Ok, jika sudah ada langsung saja kita lanjut ke langkah membuka baterai.

Setelah casing belakang terlepas, batere sudah nampak namun belum bisa dicopot begitu saja, karena konektor baterainya dilindungi plat atau bracket yang dikencangkan oleh 10 buah sekrup. Silahkan buka sekrup terlebih dahulu dengan menggunakan obeng plus ukuran 1.5mm..

Catatan: Membuka plat ini mungkin akan menghanguskan garansi. Tapi baterai biasanya akan diganti setelah 1 tahun lebih.


Setelah bracket atau mid-frame itu dibuka, maka kita akan bisa melihat konektor baterai. Silahkan lepaskan dahulu konektor baterai untuk memutus arus listrik. Selain itu juga sepertinya kita harus melepas konektor power button yang sedikit melintang di atas baterai agar tidak menghalangi ketika kita membuka baterai..

Konektor baterai (tengah), konektor power (kiri)
Setelah itu, maka baterai siap untuk dilepaskan. Kletek atau kelupas plastik tipis transparan yang melindungi baterai di sebelah kiri dan kanan. Lalu tarik ke atas pull-tab atau plastik berwarna hijau transparan bertuliskan "lift up handle, and remove battery" untuk mengankat baterai..


Setelah baterai dilepas, silahkan ganti dengan yang baru. Pasang kembali konektor power, konektor baterai, dan konektor fingerprint. Lalu tes nyala terlebih dahulu, apabila sudah berfungsi normal, silahkan matikan kembali dan pasang kembali semuanya seperti semula.

Pictures source: ECS Baig.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Vivo V9"