Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo F7

Oppo F7 merupakan smartphone selfie berkamera depan 25MP yang memiliki layar lebar berponi, namun memiliki body ramping.

Untuk membongkar ponsel ini bisa dimulai dengan cara membuka casing belakang terlebih dahulu sama seperti Oppo F5. Casing belakang Oppo F7 dan F7 Youth terbuat dari bahan plastik sehingga tidak terlalu susah untuk membukanya.

Sebelum bongkar-bongkar, kita siapkan dulu peralatannya..
  • SIM card tray ejector (biasanya disertakan di dalam paket penjualan)
  • Opening picks
  • Pinset
  • Obeng phillips (plus) ukuran #00 atau 1,5mm
Jika ingin sekalian mengganti baterai siapkan dulu baterainya. Berikut spesifikasi baterai original bawaan Oppo F7:
  • Jenis: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP661
  • Limited Charge Voltage: 4,4 Vdc
  • Rated Capacity: 3300mAh/12,7Wh
  • Normal Voltage: 3,85 Vdc
  • Typical Capacity: 3400mAh/13,09Wh
Untuk pembeliannya mungkin bisa ke service center Oppo kalau mau yang dijamin asli. Di marketplace juga mungkin banyak yang jual tapi kemungkinan besar KW/OEM.

Kalau sudah siap langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Oppo F7


Sebelum membuka backcover, seperti biasa pastikan ponsel dalam keadaan mati, lalu lepaskan terlebih dahulu SIM card tray holder dengan menggunakan sim ejec tool..


Setelah itu, kita congkel casing belakang di bagian bawah pojok dengan menggunakan opening tool atau plastik dengan ujung tipis. Jika terpaksa bisa juga menggunakan kuku jempol, tapi harus hati-hati jangan sampai kuku patah..


Dari pojokan bisa di slide/geser ke atas hingga membuat celah seperti foto diatas. Terus geser ke seluruh bagian sehingga pengait casing terlepas dari bodynya..


Hati-hati ada kabel flexible fingerprint sensor dari casing belakang ke mainboard. Kelupas bantalan penutup konektor fingerprint sensor dengan menggunakan pinset..


Dibawah karet tersebut ada plat kecil atau bracket untuk menahan konektor fingerprint yang harus dicopot juga..


Setelah itu, maka konektornya bisa dicongkel dengan menggunakan spudger/prying tool/kuku..


Sampai sini tutorial membuka casing belakang Oppo F7 selesai. Jika ingin mengganti baterai, silahkan lanjutkan ke tutorial berikutnya..

Langkah 2: Membuka Mid-frame dan Mengganti Baterai Oppo F7


Baterai sudah terlihat dengan jelas, namun tentunya belum bisa dicopot karena konektor baterainya tertutup oleh mid-frame. Jadi kita buka dulu mid-frame atau plat besi penutup mainboard dengan melepaskan 10 skrup/baud memakai obeng plus ukuran 1.5mm..

Perhatikan bahwa hal ini mungkin akan menghanguskan garansi karena ada salah satu sticker yang menutupi lubang skrup.. tapi kalau ganti baterai sih biasanya sudah setahun lewat jadi garansi sudah tidak ada..


Setelah plat pelindung dilepas, maka kita bisa mencopot konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku. Congkel dari bagian atas, kalau di foto dibawah ini posisinya kurang tepat karena dari pinggir..


Setelah konektor baterai terlepas, maka baterai bisa dilepas. Ada plastik bening di pinggiran baterai yang harus di kelupas terlebih dahulu. Lalu tarik pull-tab baterai berwarna hijau ke atas sehingga baterai terangkat dari sarangnya..


Silahkan ganti baterainya dengan yang baru. Pasang konektornya dan tes terlebih dahulu. Jika sudah dinyatakan normal, silahkan pasang kembali semua part seperti semula.

Terimakasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat. Lakukan dengan resiko sendiri, kami hanya memberi tutorial, jika ada kerusakan ya tanggung jawab sendiri :)

Pics source: ECS Baig youtube channel.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo F7"

Posting Komentar