Apakah Xiaomi Redmi 6 Pro Support Fast Charging Quick Charge? Seberapa Cepat Pengisian Baterainya

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai sebuah smartphone baru adalah, Apakah support fast charging/Quick Charge? Sayang sekali Xiaomi Redmi 6 Pro TIDAK mendukung Quick Charge.

Walaupun sebenarnya Redmi 6 Pro menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 625 yang sudah memiliki fitur Quick Charge 3.0 namun Xiaomi tidak mengaktifkan fitur tersebut, biasanya karena untuk menekan harga.

Charger bawaan yang diberikan dalam paket penjualan Redmi 6 Pro pun tidak mendukung Quick Charge, tapi spesifikasinya hanya mendukung 5V~2.0A..


Tapi berita baiknya, kecepatan pengisian baterai Xiaomi Redmi 6 Pro tidaklah buruk. Ponsel ini dapat di cas hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam 14 menit dengan menggunakan charger bawaan 5V~2.0A. Dengan rincian sbb:
  • 5% ke 31% dalam 30 menit
  • 5% ke 62% dalam waktu 1 jam
  • Baterai penuh 100% dalam waktu 2 jam 14 menit.


Untuk baterai berkapasitas sebesar 4000 mAh sebenarnya sudah termasuk cepat, hampir setara dengan Quick Charge 2.0.

Bagaimana jika menggunakan ROM tertentu? Pada beberapa kasus terdahulu hal ini masih memungkinkan adanya beberapa ROM hasil modifikasi.

Tapi saya pribadi sangat tidak menyarankan, mengingat biasanya perangkat yang memang tidak mendukung Quick Charge tidak dirancang untuk menerima aliran tegangan diatas 5V yang bisa mengakibatkan panas berlebihan dan merusak perangkat keras di ponsel tersebut, terutama IC charger.

0 Response to "Apakah Xiaomi Redmi 6 Pro Support Fast Charging Quick Charge? Seberapa Cepat Pengisian Baterainya"

Posting Komentar