Apakah HP Samsung Buatan Indonesia Asli atau Palsu?

Ada pertanyaan cukup unik dari teman istri, "Apakah HP Samsung saya palsu? Kok buatan Indonesia?"
Label HP Samsung J4 "Dibuat di Indonesia"
Sebenarnya kalau hanya dilihat dari tulisan "Dibuat di Indonesia" tidak bisa memastikan 100% apakah asli atau palsu. Tapi, sebenarnya Samsung sudah memiliki pabrik ponselnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia yang diresmikan pada Selasa 16 Juni 2015.
Pabrik Ponsel Samsung di Cikarang, Bekasi.
Jadi sejak itu Samsung sudah memproduksi ponsel mulai dari perakitan hingga pengepakan di Indonesia. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengatakan HP Samsung buatan Indonesia itu palsu khususnya yang diproduksi di tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan seterusnya. Kalau tidak salah mulai sejak Samsung Galaxy S6 sudah dibuat di Indonesia. Sedangkan untuk keluaran sebelum 2015 biasanya dibuat di Vietnam.

Jika Anda masih ragu, berikut ada beberapa cara untuk memastikan apakah ponsel Samsung Anda asli atau palsu:
  1. Cek IMEI. Lihat IMEI di kotak/box ponsel Anda, atau masuk ke menu Telepon lalu ketik *#06#
    Buka website imei.info lalu masukkan no imei tersebut (cukup angkanya saja) nanti akan muncul informasi mengenai ponsel Anda.
    Catatan: Cara ini tidak 100% akurat, kadang yang muncul tipenya berbeda tapi seharusnya merknya sama. 
  2. Cek Layar. Salah satu ciri khas ponsel Samsung biasanya menggunakan layar AMOLED atau SuperAMOLED dengan ciri jika menampilkan warna hitam maka hitamnya pekat. Dan dalam keadaan layar mati jika terkena cahaya layarnya hitam pekat kebiruan..
  3. Cek Build Quality. Masih bisa kita lihat di foto diatas mengenai build quality HP Samsung asli biasanya sangat baik, berkelas, tidak terlihat murahan. Perhatikan presisi dan detailnya.
  4. Cek hasil kamera. Ponsel Samsung biasanya hasil kameranya bagus terutama untuk kelas atas seperti Samsung Note atau Galaxy S. Tapi, walaupun kelas bawah juga kalau asli tidak akan jelek-jelek amat. Jika jelek banget hasilnya bisa jadi HP nya palsu.
  5. Cek spesifikasi. Anda juga bisa cek spesifikasi ponsel Android dengan menggunakan aplikasi di Google Play Store seperti AIDA64 atau CUP-Z.
  6. Lakukan benchmark. Gunakan aplikasi AnTuTu untuk melakukan uji coba/benchmark ponsel Anda. Apakah hasilnya sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda atau tidak?

Sebenarnya masih banyak cara untuk membedakan Samsung asli atau paslu, tapi cara-cara diatas saya kira sudah cukup bisa memastikan apakah HP Anda asli atau palsu.

0 Response to "Apakah HP Samsung Buatan Indonesia Asli atau Palsu?"

Posting Komentar