Review SSD Termurah KingDian S280 SATA III 120GB

Mencari SSD (Solid State Drive) termurah? Mungkin KingDian S280 120GB bisa menjadi alternatif untuk kamu yang mau mencoba SSD tapi dengan budget terbatas.

SSD merupakan masa depan pengganti HDD yang kecepatannya terbatas. Dengan SSD, komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah atau spesifikasi jadul juga bisa meningkat drastis dalam hal kecepatan booting Windows atau menjalankan aplikasi.

Komputer dengan sistem Core 2 Duo milik saya yang sudah berumur hampir 10 tahun pun, ketika HDD diganti dengan SSD untuk Sistem Operasi dan aplikasi-aplikasi penting, performanya meningkat drastis, kencang ngacir tak karuan :)

Sayangnya memang harga SSD saat ini masih jauh lebih mahal dibandingkan dengan HardDisk. SSD dengan kapasitas 120GB saja harganya sekitaran Rp. 550~750rb. Itu setera dengan HDD dengan kapasitas 1TB.

Namun saya cukup kaget melihat harga SSD dengan merk KingDian S280 dibandrol dengan harga Rp. 450rb-an untuk kapasitas 120GB. Murah kan? Ada yang lebih murah? Mungkin ada..

Tapi bagaimana performanya?

Review SSD KingDian S280 120GB


Ini dia penampakan SSD KingDian si kere hore..


Dan ini tampak belakang-nya..


Casing SSD KingDian ini berbahan aluminum alloy, jadi tidak terlihat murahan.

Dan setelah di bongkar, SSD ini menggunakan chip Toshiba yang pastinya bukan merk abal-abal..


Satu hal lagi yang cukup penting dari sebuah SSD adalah kecepatan read/write nya yang tentunya menentukan seberapa cepat membuka aplikasi serta membaca dan menulis files.

Kami telah melakukan pengujian dengan menggunakan software CrystalDiskMark versi 6.0.0 x64. Selain itu kami bandingkan juga dengan merk Samsung Evo 850 yang sangat baik performanya. Dan inilah hasilnya..


Pada kecepatan membaca (read) SSD KingDian S280 120GB cukup baik bahkan di beberapa pengujian dapat mengungguli Samsung Evo 850 500GB, namun masih kalah dalam pengujian menulis (write).

Bagaimana menurut Anda?

Secara real perasaan manusia mungkin tidak akan terlalu terasa. Dan yang terasa perbedaannya jelas dari HDD upgrade ke SSD akan sangat terasa peningkatan kecepatannya.

Jadi untuk performa berbanding harga tentu sangat layak untuk dipertimbangkan.

Overall ok, namun ada satu hal yang menjadi kekurangan, yaitu Garansi. Setau saya garansinya hanya 3 bulan. Kalau Anda ingin garansi yang lebih panjang, mungkin bisa up ke KingSton A400 120GB.

Sekian review SSD murah KingDian S280 120GB. Semoga bermanfaat! Source.

0 Response to "Review SSD Termurah KingDian S280 SATA III 120GB"

Posting Komentar