Masalah Resi Otomatis (AWB) J&T Tokopedia Tidak Masuk/Update Otomatis

Tokopedia dan sudah memiliki sistem yang terkoneksi dengan jasa pengiriman J&T, dimana penjual dapat memilih opsi "Sistem AWB Otomatis dan non tunai".

Dengan menggunakan sistem tersebut, penjual tidak perlu input resi secara manual dan tidak perlu membayar ongkir. Cukup cetak kode booking tempel di paket dan tunjukkan ke agen, no resi akan otomatis masuk ke Tokopedia dan ongkir akan otomatis terpotong.


Hal tersebut tentu sangat memudahkan kita sebagai penjual di Tokopedia. Biasanya saya hanya tinggal "drop" atau kasihkan saja ke sales counter agen J&T terdekat mereka sudah tau mengenai "resi otomatis Tokopedia".

Masalah Seputar Sistem AWB Otomatis Tokopedia


Namun selama saya menggunakan "Sistem AWB Otomatis Tokopedia" ini saya pernah mengalami beberapa masalah diantaranya:
  • Barang sudah dikirim/dititipkan ke agen, namun resi otomatis tidak kunjung masuk ke Tokopedia. Jadi seolah-olah kita sebagai penjual dianggap belum mengirim barang oleh pembeli.
    .
    Tunggu hingga 1x24 jam bisa jadi sistem Tokopedia terlambat update. Karena saya pernah alami, menurut agen barang sudah diproses/pickup tapi resi belum masuk ke sistem Tokopedia.
    .
  • Masalah kedua resi belum/tidak otomatis masuk ke sistem Tokopedia lebih dari 2 hari. Setelah ditanyakan ke agen J&T ternyata mereka tidak melakukan "Scan Pickup".
    .
    Jika terjadi masalah seperti ini langsung saja datangi agen dimana kita mengirim barang dan minta no resi-nya. Lalu kita input manual di menu konfirmasi Tokopedia.
    .
  • Masalah ketiga, agen J&T yang lelet. Terkadang barang kiriman kita tidak langsung diproses pada hari itu juga.
    .
    Ini sih harusnya prosedur dari pihak J&T yang diperbaiki, yaitu dengan menetapkan prosedur scan/input data langsung dihadapan pelanggan saat pengiriman barang.
    .
Selain itu mungkin kita harus pintar-pintar memilih agen juga. Berdasarkan pengalaman saya, ada agen yang pegawai-pegawainya ramah dan cekatan, namun ada juga yang cuek dan malas-malasan.

Demikia share pengalaman Elppastore terkait masalah Resi Otomatis Tokopedia. Anda punya pengalaman lain mengenai hal ini? Silahkan berbagi di kolom komentar.

2 Responses to "Masalah Resi Otomatis (AWB) J&T Tokopedia Tidak Masuk/Update Otomatis"

  1. Saya juga hari ini mengalami permasalahan yg sama.
    saya jual barang di toko pedia.. terima orderan lalu proses terima kode booking.. kode booking yg saya terima tdk bisa di buka kata pihak jnt.. lalu saya minta resi secara manual. krn orderan sudah saya terima dr hari sblom nya dan juga saya antar ke jnt, jnt bilang kode booking tak bs dibuka maka saya bawa plg kmbali paket jualan saya dgn harapan harini saya antar ke jnt mungkin kode booking sdh bs di buka.. ternyata masih sm spt kmarin sore, tdk bisa di buka kata pihak jnt.. lalu sy berinisiatip untuk minta resi spy input resi manual dan membayar ongkir lagi spt yg di minta pihak jnt.
    Yg ingin saya tau apakah jika kode booking tak bs diakses maka kita hrs bayar ongkir lagi?
    Krn setau saya.. jualan di marketplace tokopedia kita sbg pnjual tdk perlu membayar tunai ongkir lagi krn ongkir akan dipotong lgs oleh tokopedia. Kira2 ada yg bisa kasi pencerahan?? Maklom ni pertama x ngalami yg spt ini.. biasa nya sy jualan aman2 aja yg pake kode booking pengiriman barang hehehe

    BalasHapus
  2. Saya juga alami hal yg sm. Kode booking tak terlacak.. kmudian terpaksa kirim pke resi manual n membayar ongkir lagi spt ygdi minta pihak jnt..

    BalasHapus