Kiriman JNE Terlambat dan Lama Sampai Seminggu Sebelum dan Sesudah Libur Lebaran Overload

Elppas - 24 Juni 2018. Kesal banget dengan kiriman JNE yang sudah sangat terlambat dari biasanya. Biasanya 1-3 hari sampai, tapi ini sudah hampir seminggu belum sampai dan bisa jadi lebih dari seminggu padahal cuma Bandung-Jakarta.

Libur Lebaran Pengiriman Libur dan Tersendat


Sebenarnya saya cukup maklum dengan hal ini, karena JNE libur lebaran sekitar semingg, dari 13-21 Juni 2018, dan kiriman paket menjelang lebaran juga sering membludak (overload) sementara pengiriman harus terhenti karena libur lebaran dan tentunya perjalan juga terganggu arus mudik maupun arus balik.

Tapi pembeli biasanya yang tidak mau mengerti dan tidak mau tau, walapun sudah diberi info, terus saja penjual yang ditekan suruh komplain ke JNE.


Pihak JNE seharusnya sudah antisipasi, karena hal ini sudah berulang, setiap tahun, baik saat lebaran maupun saat natal dan tahun baru pengiriman paket sering terganggu.

Customer Support "Overload"


Sebagai penjual online saya cukup merasakan barang lama sampai, tracking stuck tidak berjalan, pembeli pun komplain. Namun sayang customer support JNE pun ikut overload, karena pasti banyak yang komplain juga.

Sudah saya coba komplain ke JNE..
  • Lewat email sudah 3x dalam 2 hari tidak ada balasan
  • Via telepon susah nyambung, sekali nyambung susah tersambung ke customer service malah ada jawaban otomatis "Maaf petugas kontak center kami sedang melayani pelanggan lain, mohon tunggu sebentar." Terus begitu sampai pulsa saya habis sekitar 15rb. Perusahaan besar kok nelpon CS pakai pulsa, padahal hot line di J&T gratis.

  • Cara terakhir belum saya coba datang langsung ke JNE cabang karena lumayan jauh dan kemungkinan percuma karena masalahnya penumpukan barang jadi macet di antrian pengiriman. Hanya akan membuang waktu, tenaga dan biaya.
    .

Hasil Tracking Terhenti/stuck


Tidak hanya satu kiriman saja yang bermasalah tapi hampir semua barang yang saya kirim beberapa hari setelah lebaran pengirimannya belum sampai-sampai sudah hampir seminggu (saat saya menulis artikel ini) dan mungkin akan lebih dari seminggu prosesnya.

Berikut beberapa hasil tracking no resi JNE yang barangnya belum sampai:

Dikirim tanggal 18, hingga tanggal 24 belum sampai, tracking tidak jalan
Dikirim tanggal 20, hingga tanggal 24 belum sampai, tracking tidak ada update
Dikirim tanggal 20, hingga tanggal 24 belum sampai, tracking terhenti
Dari beberapa kasus yang serupa, yaitu tracking terhenti seperti tidak ada proses, saya pribadi menyimpulkan bahwa JNE hingga saat ini (H+9 lebaran) masih terjadi penumpukan barang alias overload.

Solusi Barang Belum Sampai


Solusi terbaik jika overload seperti ini, dimana komplain lewat email tidak dibalas, via telpon susah terhubung ke petugas customer service, atau datang ke kantor JNE juga tidak membuahkan hasil.

Maka jika berkenan, sebaiknya pembeli atau calon penerima barang yang datang ke gudang JNE di kota tujuan untuk mengambil barang sendiri. Perlu di cek dulu sebelumnya melalui tracking posisi barang ada di mana. Dan perlu menghubungi JNE cabang di kota tujuan untuk konfirmasi barang mau diambil sendiri.

Solusi lain, sabar menunggu hingga barang sampai atau komplain pada saat customer service sudah tidak sibuk lagi.

Kesimpulan


Jangan pernah lagi menggunakan jasa JNE pada saat liburan panjang seperti lebaran, stop pengiriman via JNE atau ekspedisi lain yang biasanya overload seminggu sebelum dan sesudah libur lebaran.

Berdasarkan pengalaman saya di lebaran 2018, pengiriman melalui J&T dan SiCepat cukup lancar walaupun agak lebih lambat dari biasanya tapi tidak separah JNE. Ya mungkin karena J&T/SiCepat pelanggannya masih lebih sedikit dari JNE.

Saya objective saja sesuai pengalaman memang kenyataannya seperti itu, tidak ada niat menjelek-jelekan. Semoga kedepannya JNE bisa lebih baik lagi.

10 Responses to "Kiriman JNE Terlambat dan Lama Sampai Seminggu Sebelum dan Sesudah Libur Lebaran Overload"

  1. lah aku email 30x aja gak dibales.. :(

    BalasHapus
  2. sama. uda seminggu blm sampe nih. ngeri aja barang ilang.
    email juga percuma, siapa yg mw bales. telp apalagi, sengaja gk diangkat sama cs nya

    BalasHapus
  3. lah gua dari tanggal 21 smpe skrg trackingny baru nyampe Departed from transit (Gateway Jakarta)
    Mau ke batam keknya padat banget sih

    BalasHapus
  4. Sya justru brg dri batam, pdhal tgl 18 udh di jkt. Tapi sampai skrang stuck transit di bintaro, gak ada pergerakan. Parahhhh

    BalasHapus
  5. Sama gan, kirim barang dari tanggal 21 kemarin belum gerak dari Jakarta.

    BalasHapus
  6. Sama gan, kirim reguler dari smrg ke surabya dri tgl 21 sampe skrg gak sampe2..plsa 35rb abis buat tlpn cs yg ujung2ny "Maaf petugas kontak center kami sedang melayani pelanggan lain, mohon tunggu sebentar." Bikin kesel aja nih JNE..

    BalasHapus
  7. Sama banget...tracking berhenti dan udah lebih dari 2 minggu padahal pengiriman dari pancoran jaksel ke pasat rebo jaktim...

    BalasHapus
  8. Sama dah 1 minggu lebih barang nyangkut di gateway jkt

    BalasHapus
  9. Woy pihak jne tolong dong barang saya di cek sudah smpai ap blom di gorontalo.
    Bisa rugi besar saya kalo gini.
    Biasanya 1-3 hari knpa sudah 4 hari kok ga ad juga sih barang saya.

    Saya jadi rugi kalo gini.

    BalasHapus
  10. Barang saya sudah 1 minggu bwlum juga ada

    BalasHapus