Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Mi 8 Series

Xiaomi Mi 8 menggunakan baterai dengan kapasitas 3400 mAh, seharusnya baterai masih oke digunakan dalam jangka waktu 1-2 tahun. Bagaimanapun suatu saat kita perlu ganti baterai apabila sudah mulai terasa boros, drop, kembung, atau mengakibatkan ponsel jadi bootloop.

Walaupun baterai ponsel jaman sekarang non-removable atau sering disebut baterai tanam, tapi tetap masih bisa diganti dengan cara mambongkarnya. Untuk membongkar Mi 8 series (Mi 8, Mi 8 SE, Mi 8 Lite, Mi 8 Pro, Mi 8 Explorer), kita bisa mulai dari membuka casing belakangnya.

Casing belakang (backcover) Xiaomi Mi 8 terbuat dari bahan kaca entah Gorilla Glass atau apa, jadi harus hati-hati kalau mau membukanya.

Casing tersebut menempel ke frame body dengan menggunakan lem khusus. Jadi untuk membukanya diperlukan cara dan peralatan khusus.

Tools kit untuk membongkar Mi8 series:
  • SIM card tray ejector
  • Heat gun
  • iSclack atau suction cup
  • Kartu plastik/opening pick 
  • Obeng phillips #00 atau plus (+) ukuran 1,5mm
  • Spudger
Setelah siap peralatannya.. yuk kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Xiaomi Mi 8


Hal pertama tentunya matikan (turn off) dulu HP nya. Lalau keluarkan SIM tray holder menggunakan ejector yang disediakan dalam paket penjualan Mi 8..


Seperti yang sudah Elppas jelaskan di awal, backdoor Mi 8 ini berbahan kaca dan menempel ke body dengan menggunakan perekat/lem.

Jadi untuk membukanya, kita harus melelehkan lem-nya terlebih dahulu dengan menggunakan heat gun.

Panaskan di sekeliling bagian sisi casing, termasuk di sekeliling modul kamera belakang..


Setelah kira-kira lem-nya meleleh, gunakan iSclack atau Suction Cup untuk membuat celah dan memasukkan kartu plastik tipis untuk merobek lem di sekeliling casing, mulai dari casing bagian bawah..


Hati-hati dan bersabarlah karena membuka casing belakang Xiaomi Mi 8 memang agak susah. Panaskan kembali untuk melelehkan lem-nya jika perlu..


Robek terus lemnya dengan menggunakan kartu plastik tipis atau opening pick (pick gitar)..


Setelah lem terkelupas, maka casing akan mudah terbuka..


Hati-hati ada flexible finger print dari casing belakang ke logic board. Silahkan congkel konektornya dengan menggunakan spudger atau prying tool atau kuku jika tidak ada alatnya..


Setelah konektor flexible fingerprint terbuka, maka kamu bisa memisahkan casing belakang dengan bodynya.

Demikian tutorial membuka casing belakang Xiaomi Mi 8.

Untuk memasang casing kembali.. pasang lagi konektor fingerprint.. rekatkan casing dengan menggunakan lem khusus yang bisa kamu beli di marketplace seperti aliexpress, tokopedia, bukalapak, dll. Atau bisa juga menggunakan lem B-7000. Sumber foto.

Untuk mengganti baterai silahkan ikuti tutorial selanjutnya..

Langkah 2: Mengganti Baterai Xiaomi Mi 8 Series


Setelah backcover terbuka, selanjutnya kita harus membuka mid-frame atau kerangka plastik yang menutupi motherboard dan juga menutupi konektor baterai.

Untuk membukanya kita harus melepaskan 8 buah sekrup hitam dan 2 buah skrup silver dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..


Setelah penutup mainboard dibuka, selanjutnya tinggal melepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku..


Konektor baterai sudah dilepas, tapi baterai original merekat ke frame body dengan lem karet khusus yang memiliki ujung (pull-tab) di bagain bawah baterai.

Tarik pull-tab lem karet dengan lurus dan datar secara perlahan-lahan, bisa menggunakan tangan atau pinset lurus dengan cara menarik dan menggulung-gulungnya.. Ada 2 buah pull-tab yang perlu kita tarik.


Setelah lemnya disingkirkan maka baterai bisa dilepas dengan mudah. Silahkan ganti baterainya dengan yang baru, pasang konektor baterainya. Jangan lupa tes nyala dulu sebelum dipasang lagi backcover-nya.

Selesai cara membuka casing belakan dan mengganti baterai Xiaomi Mi 8. Tutorial ini berlaku juga untuk Mi 8 Lite dan seri lainnya. Mungkin ada perbedaan sedikit, tapi pada dasarnya sama saja.

Untuk Anda yang mau bongkar part lainnya, silahkan bisa lihat video dari WitRigs berikut ini:


Semoga bermanfaat! Gunakan panduan ini dengan resiko sendiri ya gan, kita tidak tanggung jawab apabila ada kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan Anda sendiri :)

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Mi 8 Series"

Posting Komentar