Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 5

Membuka casing belakang dan mengganti baterai Xiaomi Redmi Note 5 atau 5 Pro kurang lebih sama dengan mengganti baterai pada Redmi 5 Plus.

Buat kamu yang penasaran mau tau jeroan ReNo 5, atau mau ganti baterai karena sudah drop, cepat habis, atau sudah kembung, silahkan baca dengan teliti dan ikuti tutorial ini.

Obeng dan Tools kit yang dibutuhkan untuk bongkar Xiaomi Redmi Note 5:
  • SIM Card tray ejector
  • Prying tools/Spudger/Opening pick
  • Obeng phillips (plus/+) ukuran 1.5mm
  • Pinset
Obeng dan tools kit bisa beli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Spesifikasi Baterai Original Bawaan Xiaomi Redmi Note 5:

  • Model: BN45
  • Kapasitas: 4000mAh (typ)/ 3900mAh (min) 
  • Jenis baterai: lithium-ion polymer
  • Rated voltage: 3.85VDC
  • Charging voltage limit: 4.40VDC
  • Charging: 5V/2A charging, QC2.0
Untuk beli baterai original mungkin bisa di Service Center Xiaomi, bisa ganti baterai juga disana. Kalau di marketplace tidak dijamin keasliannya.

Sudah siap tools dan baterainya? Yuk kita bongkar-bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Xiaomi Redmi Note 5


Hal pertama pastinya matikan (turn off) dulu HP nya! Lalu keluarkan dulu SIM Card Tray nya dengan menggunakan Ejector yang diberikan di paket penjualannya..


Setelah itu untuk membuka casing belakang bisa menggunakan opening tools dengan mencongkel casing di bagian bawah pojok diantara LCD assembly dengan bezel casing..


Sisir ke seluruh sudut untuk melepaskan seluruh pengatinya.. Sehingga kamu bisa menggunakan jari dan kuku untuk membuka dan memisahkan casing dari body ReNo 5 tersebut..


Selesai membuka back-case Redmi Note 5.

Next.. Jika ingin mengganti baterai, silahkan lanjutkan ke tutorial berikutnya..

Langkah 2: Melepas Modul Fingerprint Sensor


Modul Fingerprint sensor terpaksa harus dilepas dulu karena menghalangi plat besi atau bracket yang menutupi konektor baterai.

Congkel konektor fingerprint sensor dengan menggunakan spudger atau kuku kamu..


Lalu lepaskan modul fingerprint dengan menggunakan pinset.. hati-hati ada bagian flexible yang merekat..


Setelah itu, maka dibawah modul fingerprint ada skrup/baut yang menahan bracket konektor baterai dan flexible yang menghubungkan ke sub-board di bagian bawah.

Langkah 3: Melepas Konektor Baterai


Sebelum bisa melepas konektor baterai kita harus membuka braketnya terlebih dahulu. Gunakan obeng plus ukuran 1.5mm (#000)..


Ketika dua buah sekrup sudah terlepas, maka bracket atau plat besi penutup flexible connector juga bisa dibuka. Selanjutnya kamu tinggal disconnect konektor baterai sehingga memutus aliran listrik..


Baterai belum bisa dilepas, karena baterai original bawaan menempel ke body dengan perekat khusus yang harus disingkirkan dahulu dengan cara menarik pull-tab perekat.

Namun untuk menarik perekat baterai secara lurus agar tidak putus, sebaiknya kamu lepas dulu modul speaker di bagian bawah.

Ini hanya optional, jika kamu bisa menarik pull-tab perekat baterai tanpa terputus walau agak sedikit terhalang modul speaker maka kamu tak perlu membongkarnya terlebih dahulu.

Langkah 4: Membuka Modul Speaker Xiaomi Redmi Note 5 (Optional)


Kalau mau melepas modul speaker atau memang mau menggantinya karena kerusakan, kamu hanya perlu melepas 4 buah skrup dengan menggunakan obeng plus 1.5mm..


Ada salah satu skrup yang tertutup label "mi" yang artinya akan menghanguskan garansi jika umur HP masih dibawah 1 tahun.

Setelah skrup-sekrup dilepas, modul speaker bisa dilepas dengan menggunakan pinset dan jari tangan kamu..


Next..

Langkah 5: Melepas Baterai Redmi Note 5


Untuk melepas baterai, kamu perlu menarik 2 buah pull-tab perekat secara lurus, lakukan dengan perlahan dan hati-hati jangan sampai terputus sebelum habis..


Satu lagi..


Setelah perekatnya terlepas, maka baterai akan terlepas.. Silahkan ganti dengan yang baru. Pasang kembali modul speaker, dan modul lainnya seperti semula.

Sumber inspirasi: Video teardown/disassembly Xiaomi Redmi Note 5 Pro..


0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi Note 5"

Posting Komentar