Apakah Xiaomi Redmi 5 Support Fast Charging Quick Charge?

Pada artikel sebelumnya Elppas sudah membahas tentang Quick Charge pada Xiaomi Redmi Plus 5, sekarang kita akan cari tahu apakah Redmi 5 juga mendukung Quick Charge?

Secara spesifikasi sebenarnya Redmi 5 tidak disebutkan bahwa smartphone ini mendukung Quick Charge. Namun karena Redmi 5 menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 450 yang memiliki fitur Quick Charge 3.0, maka banyak orang yang bertanya apakah bisa mendapatkan fitur fast charging jika menggunakan charger Quick Charge?

Langsung aja kita test..

Ini adalah charger Quick Charge yang akan kita gunakan:


Lalu dihubungkan ke charger doctor agar kita bisa melihat voltase dan ampere pada saat ngecas.. Dari charger doctor dihubungkan ke Xiaomi Redmi 5 dalam keadaan mati lowbatt, dan inilah hasilnya..


Charger doctor menunjukan voltase 4.98 dan ampere 1.57 yang berarti bahwa pengisian baterai standar saja, tidak mendukung Quick Charge. Karena voltase untuk Quick Charge 2.0 itu 9v, dan Quick Charge 3 bisa hingga 12v.

Berikut contoh Quick Charge pada Redmi 5 PLUS:



Jadi sampai sini mungkin sudah bisa terjawab bahwa Xiaomi Redmi 5 TIDAK support Quick Charge.

Berikut hasil pengujian cas Redmi 5 dengan hcarger Quick Charge 3.0 selama satu jam:
  • Menit ke 30: 26% 4.97V ~ 1.48A
  • Menit ke 60: 50% 4.98% ~ 1.39A
Pengujian hanya sampai 1 jam saja, karena niatnya hanya untuk mencari tahu apakah Redmi 5 mendukung Quick Charge atau tidak. Dan hasilnya ternyata tidak.

Sangat wajar mengingat HP ini harganya juga cukup terjangkau, sehingga fitur Quick Charge nya harus dipangkas untuk menekan harga.

Tapi tidak perlu khawatir juga karena cas standarnya juga gak lama-lama amat. Xiaomi Redmi 5 dapat di cas dari 0% hingga 100% dalam waktu sekitar 2 jam 25 menit.


Demikian info seputar pengisian baterai Xiaomi Redmi 5 dengan kesimpulan bahwa Redmi 5 tidak mendukung Quick Charge. Dan lama pengisian baterai dari 0-100% sekitar 2 jam 25 menit.

Sumber: Redmi 5 Fast of Slow charge | Redmi 5 charging time

3 Responses to "Apakah Xiaomi Redmi 5 Support Fast Charging Quick Charge?"

  1. menarik min postingannya ini...
    solder digital

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Min apakah saat melakukan pengisian baterai walau baterai dah 100, hapenya masih melakukan pengisian pada Xiaomi Redmi 5?

    BalasHapus