Apakah Xiaomi Redmi 5 Plus Support Fast Charging Quick Charge?

Pada unboxing Xiaomi Redmi 5 Plus, dalam kotak penjualan hanya disertakan charger standar dengan spesifikasi 5V 2A yang tentunya ini bukanlah sebuah power adapter yang mendukung Quick Charge..

Charger Standar Redmi 5 Plus


Mari kita tes ngecas dengan menggunakan charger bawaan.. Posisi baterai dalam keadaan low-batt sekitar 10% dan hasilnya..


5.24V dan 1.96A! Wow, sebenarnya ini cukup baik bisa dapat sekitar 2A! Jika dikalikan maka akan mendapatkan 10.27 Watt.

Dengan angka tersebut seharusnya sih cukup cepat pengisian baterai walaupun dengan charger standar bawaan.

Quick Charge Redmi 5 Plus

Mengingat Redmi 5 Plus memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang telah support Quick Charge 3.0, maka hal itu membuat penasaran, bagaimana kalau Redmi 5 Plus di cas dengan menggunakan power adaper yang sudah mendukung Quick Charge 3.0? Apakah bisa jalan fast charging nya?


Dan inilah hasilnya..


Yes.. ternyata memang Xiaomi Redmi 5 Plus sudah support Quick Charge. Tapi QC3.0 atau QC2.0? Entah lah.. yang didapat 8.94V dan 1.43A (12.78 Watt) ini seperti Mi Note Bamboo saya yang juga mendukung Quick Charge 2.0.

Dari percobaan di atas selisih yang didapat antara menggunakan charger standar dan charger Quick Charge hanya terpaut sekitar 2.5Watt.

Dengan menggunakan charger Quick Charge 3.0 Redmi 5 Plus dapat di cas dari 0% hingga 100% dalam waktu sekitar 1 jam 54 menit. Sedangkan dengan charger standar bawaan pengisian dari 0 hingga 100% memakan waktu 2 jam 02 menit. Hanya berbeda sekitar 8 menit!

Panas Redmi 5 Plus Saat Nge-cas

Hal lain yang perlu diperhatikan, pada saat test Quick Charge maupun standard charge, HP menjadi cukup panas dengan temperatur mencapai sekitar 41 derajat Celcius..


Jadi saya sarankan sebaiknya meletakan HP di tempat adem saat ngecas dan jangan sambil dimainkan jika ingin baterai kamu lebih awet.

Kesimpulannya Xiaomi Redmi 5 Plus sudah support Quick Charge, tapi dengan charger bawaannya pengisian baterai juga sudah cukup cepat sehingga hanya sedikit perbedaannya dengan menggunakan Charger Quick Charge 3.0.

Catatan: Unit yang diuji adalah Redmi 5 Plus versi China. Tapi kemungkinan sama saja dengan versi Indonesia.

Jika kamu punya pengalaman dengan Quick Charge di Redmi 5 Plus, silahkan berbagi di komentar.. Semoga bermanfaat!

Sumber: Redmi 5 Plus Fast Charging Test | Redmi 5 Plus FAST Charging Done | Redmi 5 Plus Stock Charger Charging Test

1 Response to "Apakah Xiaomi Redmi 5 Plus Support Fast Charging Quick Charge?"