WOW! 10 Fitur Exynos 9810 yang Menggambarkan Samsung Galaxy S9

Samsung baru saja mengumumkan Exynos 9810 - chip yang kemungkinan akan menjadi jantung Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus (untuk Indonesia dan negara-negara selain AS, karena AS kemungkinan akan mendapatkan Snapdragon 845).

Dengan pengumuman tersebut Samsung juga telah mengungkapkan sejumlah fitur dan fokus dari Exynos 9810, yang pada gilirannya memberi tahu kita lebih banyak tentang apa yang mungkin kita harapkan dari Galaxy S9.


Jadi berdasarkan apa yang kita ketahui, sepuluh fitur berikut bisa disertakan dalam unggulan Samsung Galaxy S9 versi Exynos.

1. Face ID dan Animoji


Samsung tentu tidak akan menyebutnya dengan Face ID atau Animoji, namun salah satu fitur utama dari Exynos 9810 adalah "fitur penginderaan mendalam untuk memindai wajah pengguna secara 3D untuk filter pelacakan wajah serta keamanan yang kuat saat meng-unlock ponsel dengan wajah seseorang."


Kedengarannya sangat mirip dengan sistem keamanan baru Apple, dan bagian 'filter' dari uraian tersebut memungkinkan editing penampilan Anda dengan cara tertentu - seperti yang Anda bisa lakukan di iPhone X dengan Animoji.

Samsung Galaxy S8 sudah memiliki pemindai wajah tentunya, tapi jauh lebih tidak aman dari pada solusi Apple, karena tidak memindai secara 3D, sehingga bisa tertipu oleh gambar datar.

2. Video 4K pada 120fps


Salah satu upgrade yang sangat mungkin pada Samsung Galaxy S9 adalah perekaman video yang ditingkatkan, karena Exynos 9810 dapat merekam video 4K hingga 120fps, di mana ponsel lain (misalnya iPhone X) berada di atas 60fps.


Itu berarti video Anda terlihat lebih mulus, meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu besar.

3. Slow Motion 4K


Mampu merekam gambar 4K pada kecepatan 120fps juga bisa berarti Samsung Galaxy S9 bisa merekam video gerak lambat dengan kualitas 4K.

Gerakan lambat 4K tidak disebutkan secara khusus di manapun dalam informasi Exynos 9810, namun dibutuhkan frame tambahan untuk ditampilkan dengan benar.

4. Lebih Cepat


Ini mengingat bahwa Samsung Galaxy S9 akan memiliki kecepatan lebih daripada Galaxy S8, namun Exynos 9810.


Ini adalah chipset dengan 8-cores (4 core yang berjalan pada 2.9GHz dan 4 di 1.9GHz), naik dari 2.3GHz dan 1.7GHz di versi Exynos 8895 pada Galaxy S8.

Kinerja single-core tampaknya dua kali lebih baik dari Exynos 8895, sementara kinerja multi-core harus 40% lebih baik.

Itu merupakan peningkatan yang cukup signifikan, namun chipset juga hemat daya, jadi baterai Galaxy S9 bisa bertahan lebih lama. GPU juga tampaknya 20% lebih kuat, berpotensi memungkinkan grafis yang lebih rinci dan realistis saat bermain game.

5. Download lebih cepat


Selain kecepatan procesor, Anda mungkin juga mendapatkan kecepatan koneksi jaringan yang lebih, karena Exynos 9810 mendukung Cat 18 LTE untuk kecepatan download hingga 1.2Gbps.


Kecepatan semacam itu tampaknya cukup untuk streaming video virtual reality berkualitas tinggi, meski kenyataannya Anda kemungkinan akan dibatasi oleh jaringan seluler Anda.

Upload kecepatan sementara itu tampaknya sampai 200Mbps, meskipun pada kenyataannya Anda tidak akan menyentuh kecepatan setinggi itu karena keterbatasan provider dan sebagainya.

6. Peningkatan kamera


Kamera di Samsung Galaxy S9 mungkin lebih cepat dan lebih baik dari pada Galaxy S8, karena Exynos 9810 rupanya memiliki dual-ISP (Image Prosesor Signal), salah satunya berkinerja tinggi, sementara yang lain sangat rendah daya, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.


Ternyata chip ini juga mampu melakukan autofocus lebih cepat dan memperbaiki algoritma yang digunakan untuk reduksi noise, peningkatan tepi dan kecantikan wajah.

Foto dan cuplikan juga harus lebih cenderung tetap fokus, berkat teknologi stabilisasi yang canggih.

7. Audio yang lebih baik


Audio dapat ditingkatkan untuk Samsung Galaxy S9, karena subsistem audio chipset telah ditingkatkan, memungkinkan kualitas audio dan pemrosesan yang lebih baik tanpa menghabiskan banyak daya - jadi mendengarkan musik akan ringan pada baterai Anda.

8. Bixby yang lebih baik


Bixby memang dirasakan kurang dalam percakapan dibandingkan dengan Alexa, Google Assistant atau Siri, tapi kemungkinan akan membaik dengan Exynos 9810.


Menurut Samsung, Exynos 9810 dapat menggunakan perangkat lunak berbasis pembelajaran yang mendalam untuk mengidentifikasi barang atau orang dalam foto secara akurat.

Kami telah berbicara tentang pengenalan wajah, namun kemampuannya mengenali item dapat membantu memperbaiki Visi Bixby - komponen Bixby yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ke objek dan tempat di dunia nyata untuk mendapatkan informasi tentang mereka.

Jadi mungkin Samsung Galaxy S9 akan lebih andal bisa mengenali hal-hal dengan fitur ini.

9. Layar yang lebih tajam


Kami tidak mengharapkan banyak peningkatan resolusi dari Samsung Galaxy S9, namun ada kemungkinan luar bisa, karena Exynos 9810 mendukung layar hingga 4K UHD (4096 x 2160) atau WQUXGA (3840 x 2400).

Sebagai rujukan, Samsung Galaxy S8 memiliki layar 'hanya' 2960 x 1440, jadi ada potensi untuk ditingkatkan, tapi mungkin tidak akan dibutuhkan kecuali Samsung benar-benar ingin fokus pada satu hal yang spesifik...

10. Peningkatan VR


Layar yang lebih tajam, seperti yang mungkin dilakukan dengan chipset ini, dapat secara besar-besaran memperbaiki pengalaman VR, yang saat ini terhambat oleh gambar yang tidak cukup renyah saat mereka berada satu inci dari bola mata Anda.

Kami masih belum yakin bahwa kami akan melihat banyak perubahan resolusi untuk S9, karena tidak ada perubahan seperti yang telah banyak dikabarkan, tapi mungkin saja.

Namun demikian, pengalaman VR menggunakan Gear VR atau Daydream View mungkin akan membaik, karena Exynos 9810 dibangun dengan game, dan Samsung secara khusus berbicara tentang menghadirkan "pengalaman grafis yang mendalam sepenuhnya" saat berada di VR.

0 Response to "WOW! 10 Fitur Exynos 9810 yang Menggambarkan Samsung Galaxy S9"

Posting Komentar