Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 5A

Di artikel kali ini Elppas akan infokan panduan bagaimana cara membuka casing belakang Xiaomi Redmi 5A dan juga cara mengganti baterainya apabila sudah tidak tahan lama, boros, atau drop, dan masalah baterai lainnya.

Untuk ganti baterai kamu perlu peralatan dan baterai penggantinya. Berikut info tools dan baterai yang mungkin berguna buat kamu..

Spesifikasi baterai Xiaomi Redmi 5A:
  • Model: BN34
  • Jenis: Lithium-ion Polymer Battery
  • Voltase: 3.85~4.40V
  • Kapasitas min: 2910 mAh 11.2Wh
  • Kapasitas typ: 3000 mAh 11.5Wh
Belinya dimana? Mungkin bisa di Mi Store kalau ada di daerah kamu. Atau mungkin di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.
Obeng dan tools kit:
Setelah siap semua, silahkan langsung bongkar..

Membuka Casing Belakang Xiaomi Redmi 5A


Pertama-tama buka dulu 2 buah SIM card tray di sebelah kiri HP dengan SIM ejector yang disertakan dalam paket penjualan..

 
Smartphone Redmi 5A ini memiliki casing belakang (backcover) yang terbuat dari plastik polycarbonate namun secara sekilas seperti bahan alumunium/metal.

Backcasing tidak di skrup seperti pada Xiaomi Mi A1, jadi sebenarnya gampang untuk membukanya, kamu hanya perlu sebuah prying tool atau benda tipis apa saja yang terbuat dari plastik, seperti pick gitar.

Masukkan dan congkel dengan prytools diantara assembly LCD dengan frame backcover, seperti pada foto dibawah ini..


Sisir ke sekeliling sudut untuk membuka semua pengait pada casing, lalu setelah terlepas semuanya, kamu bisa buka casing belakangnya..


Ketika casing belakang terbuka, kamu bisa melihat baterai tanam-nya tapi konektor baterai tertutup oleh midframe.. Jika ingin mengganti baterai, silahkan lanjutkan ke tutorial berikutnya..

Cara Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 5A


Karena konektor baterai tertutup midframe, maka kamu harus buka dulu midframe-nya. Caranya dengan melepas 8 buah skrup/baut yang mengencangkan midframe.. Gunakan obeng plus ukuran 1.2~1.5mm


Setelah frame yang menutupi motherboard dibuka, kamu bisa lepaskan konektor baterai dengan cara mencongkelnya menggunakan spudger, kalau tidak punya mungkin bisa pakai kuku..


Setelah pemutusan arus listrik, untuk melepaskan baterai, kamu harus menarik dua buah pull-tab lem baterai yang merekatkannya ke casis.

Pull-tab perekat ada di bagian bawah baterai, kamu bisa korek dengan kuku atau pinset, lalu tarik secara mendatar jangan sampai putus sampai perekatnya habis..


Setelah perekatnya habis, maka baterai akan mudah untuk dilepaskan..


Note: Di foto atas motherboard sudah dibuka, tapi kalau hanya ganti baterai sebenarnya tidak perlu bongkar motherboard dulu. Kalau modul bagian bawah silahkan jika mau dibuka untuk mempermudah penarikan pull-tab.

Setelah baterai original bawaannya dilepas, silahkan ganti dengan yang baru. Jangan lupa ganti perekatnya dengan yang baru, atau jika tidak ada bisa menggunakan double tape. Tes nyala. Pasang lagi midframe jika sudah ok, dan pasang kembali casing belakangnya.

Untuk lebih detailnya silahkan tonton video teardown Xiaomi Redmi 5A berikut..


Source: Tech Adventure. Semoga bermanfaat. Tolong like dan share:)

1 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 5A"