Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Kecepatan Smartphone Kamu Dengan Aplikasi Benchmarking Ini (Android/iPhone)

Buat yang sudah tahu apa itu benchmark pasti kalau mau beli smartphone bakal cari tahu dulu score benchmark-nya dan melakukan perbandingan-perbandingan sehingga akhirnya bisa membeli ponsel sesuai harapan.

Tapi bagi yang awa mungkin beli HP diliat dari merk atau penampakan saja, tidak tau performanya sebelum beli. Tekadang menjadi kecewa karena performa kurang lincah, lemot, dan lag.

Benchmark adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang akan datang. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat lunak maupun perangkat keras dengan percobaan yang sama.

Fungsi aplikasi benchmark pada smartphone/tablet adalah untuk mengukur performa/kecepatan proses yang dilakukan oleh chipset atau hardware di dalam smartphone kamu, sehingga bisa menjadi sebuah tolak ukur dan juga bisa dibandingkan antara smartphone satu dengan yang lain.


Aplikasi benchmark smartphone semakin baik, skor yang ditampilkan semakin mendekati user experience (pengalaman pengguna). Bagaimanapun pengalaman pengguna lah yang menentukan karena tidak semua orang sama.

Aplikasi benchmark sudah banyak, namun tentu saja tidak semua aplikasi benchmark dibuat sama. Elppas ingin menguraikan 5 aplikasi yang paling populer atau mungkin yang terbaik juga, dan memberi gambaran apa saja yang diuji oleh aplikasi-aplikasi ini..

1. AnTuTu

Download: Android | iOS
Harga: GRATIS


AnTuTu mungkin adalah aplikasi benchmarking paling populer, dan alasan di balik itu adalah dukungan konstannya. Sebagai pengujian, AnTuTu lebih merupakan alat pembanding tujuan umum, karena alat ini memberi nilai di beberapa area yang berbeda (tidak seperti microbenchmark, yang hanya berfokus pada penilaian satu area kinerja perangkat).

AnTuTu melakukan pengujian termasuk responsivitas UI secara umum dan kinerja CPU, GPU, memori, dan memori penyimpanan. Skor setiap tes kemudian digabungkan menjadi skor akhir yang Anda dapatkan dengan (smartphone flaghsip saat ini -2017- mencetak score antara 150.000 sampai 210.000 poin).

2. Basemark OS II

Download: Android | iOS
Harga: GRATIS


Mirip dengan AnTuTu, rangkaian tes yang tersedia dengan Rightmark's Basemark OS II adalah contoh lain dari tolok ukur kinerja umum yang bagus.

Basemark OS II berfokus pada beberapa bidang penting yang menarik, termasuk sistem, grafis, memori, dan kinerja web, dan bahkan kinerja kamera. Seperti AnTuTu, aplikasi menggabungkan nilai yang berbeda untuk setiap area uji yang spesifik dan sampai pada akhir kumulatif yang kemudian dapat digunakan untuk membandingkan perangkat kamu dengan perangkat lain.

3. GFXBench

Download: Android | iOS
Harga: GRATIS


GFXBench menjadi aplikasi favorit untuk melakukan pengujian GPU, didukung dengan database online-nya yang sangat membantu pengguna menemukan puluhan perangkat yang belum dirilis.

Bagaimanapun, seperti namanya, GFXBench adalah patokan berorientasi grafis yang menekankan GPU ponsel kamu. GFXBench tidak hanya akan merekam rata-rata frame rate di mana perangkat kamu berhasil berjalan melalui beberapa simulasi permainan yang rumit dan kompleks, namun juga akan mengukur kualitas render, atau kesetiaan visual yang diberikan oleh chip grafis perangkat kamu.

Selain itu, GFXBench adalah tolak ukur yang bersih untuk perbandingan chipset-ke-chipset, karena dapat menjalankan tes dengan layar mati, menghilangkan faktor-faktor seperti perbedaan resolusi layar sehingga penilaian akan lebih akurat.

4. 3DMark

Dowload: Android | iOS
Harga: GRATIS


Semakin banyak data yang kamu miliki saat melakukan penelitian, maka semakin baik ya kan? Itu sebabnya kami menyertakan 3DMark juga, karena ini adalah alat lain yang dibuat dengan baik. Seperti GFXBench, 3DMark berfokus pada kinerja grafis, dan sama-sama menekankan dan memperbaiki tes yang ada.

Sekali lagi, seperti GFXBench, 3DMark dapat digunakan untuk membandingkan tidak hanya perangkat, namun juga perangkat keras yang berbeda melalui pengujian Ice Storm Unlimited-nya. Lebih baik lagi, aplikasi ini juga bekerja di berbagai platform, termasuk Android, iOS, dan Windows.

5. Geekbench

Download: Android | iOS
Harga: GRATIS


Salah satu aplikasi Benchmarking Android/iOS yang sering digunakan pada Review adalah versi Geekbench 4. Ini adalah patokan lintas platform yang tersedia untuk perangkat seluler dan desktop.

Geekbench mengukur kinerja single core dan multi-core dari CPU smartphone atau tablet kamu untuk memberi nilai tolok ukur keseluruhan. Tapi apa patokan skornya?

Skor diambil dari skor awal. Skor awal ini dikalibrasi sampai 4000 yang merupakan daya komputasi dari Intel Core i7-6600U. Jika kinerja CPU smartphone kamu di bawah ini, kamu akan mendapat nilai lebih rendah dari 4000 dan sebaliknya.

Extra

Video Benchmark AnTuTu iPhone X vs Huawei Mate 10 Pro vs Xiaomi Mi Mix2:


Nah itu dia 5 aplikasi benchmarking untuk smartphone/tablet android/iOS (iPhone/iPad). Gak usah banyak-banyak nanti malah pusing. Sudah cek kecepatan smartphone kamu? Silahkan dicoba!

1 komentar untuk "Tes Kecepatan Smartphone Kamu Dengan Aplikasi Benchmarking Ini (Android/iPhone)"