Qualcomm Snapdragon 845 Untuk Penggemar Smartphone Spek Dewa

Para penggemar smartphone/tablet spek dewa kelas atas mungkin sudah tidak asing lagi dengan chipset Snapdragon seri 800 dari Qualcomm yang selalu dipakai di HP flaghsip seperti Samsung seri S, Xiaomi seri Mi, OnePlus, LG seri G, dll.

Elppas sendiri adalah penggemar chipset Snapdragon seri 800, walaupun yang sudah agak jadul. Gak usah yang baru-baru karena pasti mahal, yang penting ngacir dan masih bisa bersaing dengan processor HP baru kelas menengah apalagi kelas bawah. Selain itu fitur-fitunya juga selalu memanjakan penggunanya.

Platform Seluler Snapdragon 845


Platform Mobile Qualcomm® Snapdragon ™ 845, telah resmi dirilis awal Desember 2017 lalu.


Qualcomm mengatakan setiap fitur berwawasan ke depan - termasuk pengalaman XR yang mendalam, asisten pribadi yang cerdas dan keamanan seperti kubah canggih - diaktifkan oleh Platform Seluler Snapdragon 845.

Fitur canggih dikemas ke dalam desain kami yang paling inovatif. Platform Mobile Snapdragon 845 direkayasa dengan fungsionalitas dan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak lagi dengan perangkat seluler mereka.

Mari kita kenali fitur-fitur unggulan di chipset Snapdragon 845 ini..

ISP Qualcomm Spectra 280 (Pengolah Camera)


ISP Qualcomm Spectra ™ 280 dirancang untuk menghadirkan pengalaman kamera dan XR premium, dengan tangkapan berkinerja tinggi hingga 16 MP pada 60 gambar per detik. Penggemar video akan menghargai berkat kualitas video seperti bioskop untuk menangkap resolusi ultra HD premium dengan warna yang lebih kaya.

Inilah salah satu faktor kenapa hasil kamera pada ponsel-ponsel flagship berkualitas baik, serta respon dan shooter yang sangat cepat dalam memropses gambar.

Selain itu, dari sektor kamera diduga bakalan ada fitur Face ID seperti di iPhone X yang bisa meng-unlock smartphone dengan ID wajah. Dan tentunya memungkinkan untuk membuat fitur Animoji seperti yang ada di iPhone X juga.

Adreno 630 Visual Processing Subsystem (GPU/Pengolah Visual)


Berikan pengalaman immersive yang lebih besar dari pada kehidupan dengan Subsistem Pengolahan Visual Qualcomm® Adreno ™ 630 (termasuk GPU, VPU dan DPU), yang menampilkan room-scale 6DoF dengan SLAM, Adreno Foveation, dan peningkatan rendering grafis/video 30% dibandingkan dengan generasi sebelumnya (Snapdragon 835).

Untuk para gamer tentunya tidak perlu khawatir soal performa GPU dari SD seri 800, pasti main game apa saja dari yang ringan sampai yang 3D kelas berat bakalan ngacir tanpa lag.

Qualcomm Secure Processing Unit (SPU)


Snapdragon 845 dirancang dengan Qualcomm® Secure Processing Unit (SPU) yang sama sekali baru yang didisain untuk membantu melindungi data pribadi dengan keamanan seperti kubah. Biometrik yang digunakan untuk otentikasi yang dapat disimpan secara terisolir, membantu menyimpan data berharga dari pencurian data.

No comment kalau untuk yang satu ini karena kurang faham.

Modem X20 & Wi-Fi


Rasakan kecepatan serat optik dengan Modem Snapdragon X20 LTE. Fleksibilitas baru berarti bahwa lebih banyak operator di seluruh dunia dapat menawarkan layanan LTE Gigabit secepat kilat, sekarang dengan kecepatan puncak hingga 20% lebih cepat dan kecepatan nyata dibandingkan dengan modem LTE X16 generasi sebelumnya. Pengguna juga dapat mengalami kecepatan super cepat serupa itu dengan Wi-Fi multi-gigabit 802.11ad dan terintegrasi 2x2 802.11ac.

Kalau soal kecepatan internet di Indonesia baik melalui kabel serat optic maupun jaringan selular 4G sepertinya belum secepat itu. Jadi fitur ini sudah over (berlebihan) digunakan di Indonesia, tapi ya buat jaga-jaga aja untuk kedepannya.

Virtually All-Day Battery Life dan Quick Charging


Platform Mobile Snapdragon 845 dirancang untuk hemat energi sehingga masa pakai baterai dapat bertahan sepanjang hari dan mencakup teknologi Qualcomm Quick Charge ™ 4+ yang mampu mengisi ulang baterai hingga 50% hanya dalam 15 menit* sehingga Anda tidak perlu khawatir masalah baterai.

Tentu ini salah satu hal terpenting selain kecepatan processor, hemat baterai dan juga super cepat dalam pengisian baterai.

Berikut tabel spesifikasi Qualcomm Snapdragon 845:


CELULAR MODEM X20 Puncak Kecepatan Download: 1.2 Gbps
Puncak Kecepatan Upload: 150 Mbps
CPU Kryo 385 CPU Clock Speed: Up to 2.8 GHz
CPU Cores: 8 x Kryo 385 CPU
GPU Adreno 630
DSP Hexagon 685
CAMERA Spectra 280 Mendukung Up to 16 MP dual camera
Up to 32 MP single camera
Dual 14-bit ISPs
Hybrid Autofocus
Hardware Accelerated Face Detection
Multi-frame Noise Reduction (MFNR)
Active Depth Sensing
HDR Video Recording
SECURITY SUPPORT
Qualcomm® Secure Processing Unit (SPU)
Qualcomm® Processor Security
Qualcomm® Mobile Security
Qualcomm® Content Protection
DISPLAY
Ultra HD Premium-ready
4K Ultra HD, 60 FPS
2x 2400x2400 @ 120 FPS (VR)
10-bit color depth
VIDEO
10-bit, 4K Ultra HD @ 60 FPS capture and playback
Support for HDR10, HLG
H.264 (AVC), H.265 (HEVC), VP9
Motion Compensated Temporal Filtering (MCTF)
Slow Motion video capture (720p@480fps)
WIFI Qualcomm® Wi-Fi 802.11ad Multi-gigabit
Wi-Fi integrated 802.11ac 2x2 with MU-MIMO
2.4 GHz, 5 GHz and 60 GHz

AUDIO
Qualcomm Aqstic™ audio codec and speaker amplifier
Qualcomm® aptX™ audio playback with support for aptX Classic and HD
Native DSD support, PCM up to 384kHz/32bit
RF TruSignal adaptive antenna tuning
High-power transmit (HPUE)

BLUETOOTH Bluetooth 5
LOCATION
Mendukung 6 satellite systems: GPS, GLONASS, Beidou, Galileo, QZSS, SBAS
Low Power Geofencing and Tracking, Sensor-assisted Navigation
CHARGING
Teknologi Qualcomm Quick Charge 4/4+

Smartphone dengan Chipset Snapdragon 845 


Untuk saat ini belum ada smartphone yang sudah rilis dengan menggunakan chipset SD 845, namun ada beberapa smartphone yang akan menggunakan processor ini dan akan rilis di awal 2018, diantaranya:
Selanjutnya mungkin akan diikuti juga smartphone flagship lainnya seperti LG, HTC, ZTE, OnePlus, dll.

Video Qualcomm Snapdragon 845


1 Response to "Qualcomm Snapdragon 845 Untuk Penggemar Smartphone Spek Dewa"