Fast Charging Pump Express dari Mediatek

MediaTek, produsen chip berbasis Taiwan yang fokus pada perangkat murah dan menengah, memiliki standar fast charging sendiri, yaitu Pump Express.

Pump Express 2.0+ dan Pump Express 3.0, dua revisi terbaru - Pump Express 2.0 menargetkan perangkat MicroUSB dan USB-C smartphone murah, dan Pump Express 3.0 menargetkan ponsel USB-C kelas atas.

Spesifikasi teknik dan adaptor yang kompatibel



Pump Express 2.0+ mengisi pada daya antara 5V dan 20V sedangkan Pump Express 3.0 ngecas pada 3V - 6V. Tapi Pump Express 2.0+ maksimal otuputnya di 4.5A sedangkan Pump Express 3.0 bisa hingga 5A+, dan mengisi dalam tiga tingkatan - Regular, Turbo 1, dan Turbo 2 - yang tercepat yang hanya mendukung 15W (1.67A).

Pump Express 3.0 memiliki kelebihan lain dibanding Power Express 2.0. Yaitu kompatibel dengan adaptor USB-PD yang mendukung 3V sampai 6V pada 5A+, dan kabel yang mendukung 5A.

Kelebihan dan Kekurangan Pump Express



Kelebihan:
  • Langkah-langkah keselamatan terpasang mencegah panas berlebih, hubung singkat.
  • Kompatibel dengan Quick Charge 2.0.
Kekurangan:
  • Berpotensi lebih lambat dari beberapa standar.

Kecepatan pengisian


Menurut MediaTek, perangkat Pump Express 3.0 dapat mengisi hingga 75 persen dalam 20 menit. Perangkat Pump Express 2.0+ membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai kapasitas yang sama.

Langkah-langkah keselamatan


Pump Express menerapkan lebih dari 20 mekanisme keamanan untuk mencegah hubungan arus pendek, kata MediaTek. Teknologi sistem on-chip dari Richtek, perusahaan yang baru saja diakuisisi, melindungi dari fluktuasi suhu baterai dan perangkat.

UPDATE: Pump Express 4.0


MediaTek Pump Express 4.0 memangkas waktu pengisian ulang baterai ponsel dengan lebih dari separuh, dibandingkan dengan charger USB standar. Ini mendukung standar kabel USB-C terbaru, dengan arus sampai 5 Amps.


Teknologi ini kompatibel dengan standar internasional 'USB PD 3.0 yang dapat diprogram untuk pasokan listrik', yang memungkinkan pengisi daya standar USB PD 3.0 cepat untuk meningkatkan smartphone dengan kemampuan Pump Express 4.0.

Pump Express 4.0 akan hadir pada smartphone di tahun 2018.

1 Response to "Fast Charging Pump Express dari Mediatek"