Cara Memperbaiki Samsung Galaxy J7 (2015-2016) Tidak Mau Nge-cas dan Masalah Charging Lainnya

Kali ini Elppas akan menjelaskan beberapa hal berikut:
  • Mengapa masalah tidak bisa ngecas dapat terjadi pada smartphone Samsung Galaxy J7.
  • Panduan bagaimana memecahkan masalah handset saat menolak mengisi dengan atau tanpa alasan yang jelas.
  • Anda mungkin juga belajar bagaimana melakukan reset master (pengaturan pabrik) pada Galaxy J7 Anda di posting ini.
Di antara masalah yang paling umum yang mungkin dihadapi pemilik smartphone Android adalah masalah pada pengisian baterai dan bervariasi tergantung bagaimana pemicunya, perangkat apa yang digunakan dan seberapa sering hal itu terjadi.

Charging port J7 2016, image by gadgetstouse.com

Masalah tidak bisa nge-cas sering terjadi akibat baterai yang mulai rusak, tapi banyak juga kasus di mana firmware adalah perangkat yang mencegah arus mengalir dari charger ke baterai. Selain itu, ada kasus yang diakibatkan kelalaian pemilik seperti kemasukan air dan terbentur atau terjatuh.

Berikut adalah prosedur pemecahan masalah langkah-demi-langkah yang dapat Anda gunakan untuk mencoba dan memperbaiki masalah pada Samsung Galaxy J7 Anda.

Meskipun kami selalu menyarankan metode yang aman, hal tak terduga bisa terjadi karena kesalahan manusia jadi silahkan lanjutkan dengan risiko Anda sendiri.

Mengatasi Masalah Galaxy J7 Tidak Mau Nge-cas


Banyak sekali kemungkinan yang bisa mengakibatkan sebuah smartphone tidak bisa di cas. Jadi, dalam pemecahan masalah ini, kita akan mempertimbangkan penyebab paling umum.

Ingat, masalah tidak bisa nge-cas ini dapat berkisar dari masalah aplikasi kecil hingga masalah firmware yang lebih kompleks serta masalah perangkat keras.

Mari mencoba menyingkirkan kemungkinan yang bisa dengan mudah dan aman dikesampingkan, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masalah Sistem Chrash (Hang)


Firmware ponsel Anda memainkan peran penting dalam proses pengisian baterai karena ini adalah yang bertanggung jawab dalam membiarkan listrik mengalir melalui sirkuit sampai baterai penuh.

Jika firmware macet atau beku, tidak akan ada yang membantu proses pengisian. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa sistem ini bekerja dengan baik. Untuk merestart firmware kita cabut dulu baterainya sampai tidak ada aliran listrik di ponsel.. (khusus J7 2105-2017 jenis baterai removable, J7 Pro yg non-removabel skip cara ini)..
  • Buka penutup belakang.
  • Lepaskan baterai.
  • Saat baterai dilepas, tekan dan tahan tombol Power beberapa detik.
  • Pasang kembali baterai dan tutup kembali casing belakang.
  • Coba nyalakan ponsel.
Jika ponsel bisa di cas kembali, maka masalah terpecahkan, jika tidak, coba langkah selanjutnya.

Langkah 2: Cek Charger/Power Adaptor


Coba cas dengan PC atau laptop untuk mengethui apakah masalanya pada kepala charger (power adapter) atau bukaan? Jika tidak ada laptop atau PC coba pakai kepala charger lain.

Jika ponsel Anda merespons saat terhubung ke komputer, maka masalahnya ada pada charger Anda, coba cek barangkali ada kotoran, karat atau sesuatu yang menghalangi konektor charger, atau memang sudah rusak.

Namun, jika J7 Anda tidak merespons saat terhubung ke komputer, maka cobalah ikuti langkah selanjutnya.

Langkah 3: Periksa kabel USB atau coba yang lain


Anda perlu melakukan langkah ini jika smartphone Anda tidak merespons saat terhubung ke komputer atau laptop karena bisa jadi dikarenakan ada masalah dengan kabel.

Jadi, pertama, secara fisik periksa kabel untuk setiap kerusakan atau benjolan. Telusuri dengan jari-jari Anda dari satu ujung ke ujung lainnya untuk mencari tahu apakah Anda bisa merasakan sesuatu yang tidak normal.

Juga periksa kedua ujung konektornya bila ada kotoran yang mungkin telah mencegah kontak dengan konektor ponsel.

Jika memungkinkan, coba kabel USB yang lain. Jika bisa terdeteksi menggunakan kabel yang berbeda, maka berarti masalahnya ada di kabel.

Langkah 4: Periksa charging port ponsel Anda


Bila tidak ada masalah dengan charger dan kabel datanya maka kemungkinan lainnya ada pada charging port alias colokan charger.

Lihat barangkali ada karat, serat dan pin yang bengkok atau tidak sejajar. Jika ada kotoran, coba bersihkan dengan menggunakan kuas atau sesuatu dengan ujung yang runcing.

Namun jika Anda tidak menemukan sesuatu yang tidak normal, maka masalahnya mungkin dengan baterai ponsel Anda atau sirkuit internal.

Jika perangkat Anda masih memiliki sisa baterai yang cukup, Anda dapat mencoba melakukan reset master (reset pabrik akan menghapus semua data Anda, jika tidak mau, cukup hard reset skip langkah 5-8):
  1. Matikan Galaxy J7 Anda. Tahan tombol Daya, tekan Power off lalu sentuh POWER OFF untuk konfirmasi.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Up lalu tekan dan tahan juga tombol Home. Sambil menahan keduanya, tekan dan tahan juga tombol Daya. (Pijit tombol Volume Up + Home + Power bersamaan)
  3. Saat logo Android muncul di layar, lepaskan ketiga tombol tersebut. Mungkin diperlukan beberapa saat sebelum layar pemulihan Android muncul.
  4. Saat berada di layar pemulihan Android, gunakan tombol Volume Down untuk menyorot opsi, dalam hal ini, sorot opsi 'hapus data / setel ulang pabrik'.
  5. Tekan tombol Power untuk memilih opsi yang disorot.
  6. Tekan tombol Volume Down hingga opsi 'Ya - hapus semua data pengguna' disorot.
  7. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi reset.
  8. Setelah reset selesai, tekan tombol Power untuk memilih 'Reboot system now'.
  9. Ponsel akan restart sedikit lebih lama dari biasanya dan reset selesai.
Jika masalah berlanjut setelah reset, maka saya sarankan Anda melakukan langkah terakhir.

Langkah 5: Bawa ke Samsung Service Center


Anda telah melakukan prosedur pengecekan masalah tidak bisa nge-cas pada Galaxy J7. Anda sudah mencoba memecahkan masalah perangkat Anda namun tidak berhasil.

Kemungkinan lainnya adalah masalah hardware di jalur port charging, untuk perbaikan ini Anda perlu kemampuan teknis. Berikut video gambaran perbaikan hardware pada port charging..


Jika Anda kurang faham mengenai hardware disarankan mencari bantuan dari seseorang yang memiliki cukup banyak pengetahuan atau ahli dalam hal smartphone.

Jadi, Anda bisa pergi ke Samsung Service Center untuk diperbaiki tergantung pada apa yang lebih sesuai untuk Anda.

0 Response to "Cara Memperbaiki Samsung Galaxy J7 (2015-2016) Tidak Mau Nge-cas dan Masalah Charging Lainnya"

Posting Komentar