Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai Apple iPhone 6s/6s Plus

Jika bateri iPhone 6s/6s Plus kamu sudah mulai boros, drop atau memang mengalami kerusakan seperti kembung atau "hamil", maka sudah saatnya kamu mengganti baterainya..

Sebenarnya ganti baterai iPhone 5/6/6s/6s Plus kurang lebih sama dengan cara ganti baterai iPhone 7/7Plus dan iPhone 8/8Plus.

Seperti biasa, Elppas akan membahas secara lengkap mulai dari baterainya dan juga obeng & tools kit yang diperlukan untuk membongkar iPhone..

Spesifikasi Baterai Apple iPhone 6s


Ini dia spesifikasi baterai original iPhone 6s/6s Plus:


  • Jenis cell: Li-ion Battery
  • Voltase: 3.82V / 3.80V
  • Kapasitas: 1715 mAh ~ 6.55 Whr / 2750 mAh ~ 10.45 Wh
  • APN: 616-00036 / 616-00045 (tergantung wilayah, dan biasanya tidak pengaruh juga kalau beda APN, tapi lebih disarankan jika sama)
Beli baterai iPhone dimana dan harga berapa?

Pertanyaan yang sering ditanyakan. Baterai Apple itu banyak beredar dari yang KW hingga yang Original..
  • Yang original 100% itu tidak dijual bebas, kalau mau dapat benar-benar original 100% maka datang saja ke Apple Authorized Service Provider alias service center resmi Apple seperti iBox. Tapi hati-hati perlu dibedakan antara AASP (Penyedia Service) dengan Authorized Reseller (Penjualan Perangkat). Harga baterai original di AASP lumayan mahal, kemungkinan diatas Rp. 500rb., Biar aman bawa aja uang minimal Rp. 1jt. Harga sudah termasuk pasang, karena gak bisa beli baterainya aja.
  • KW/"OEM"/"ORI" banyak dijual di marketplace (Bukalapak, Tokopdeia, Lazada, dll) atau toko non-Authorized. Kalau mau beli yang ini cari yang paling menyerupai original nya, build quality, sampai detail cetakannya biasanya yang paling mirip kualitasnya sudah bagus. Harga kisaran Rp. 50~150rb.
  • Baterai iPhone 3rd party (pihak ke-3), ada merk Hippo, Vizz, dll. Kualitas saya kurang tau tapi perkiraan sudah setara sama yang "ORI". Harga kisaran Rp. 120~150rb.

Obeng dan Tools Kit untuk iPhone 5s/6/6s


Untuk bongkar iPhone 6s kamu perlu beberapa obeng & tools kit berikut ini..
  • Obeng Pentalobe P2 atau ukuran 0,8mm
  • Obeng Phillips #000 atau ukuran 1,0~1,5mm
  • Suction Cup
  • Spudger
  • Pinset
Kalau sudah siap, langsung bongkar aja..

1. Membuka LCD Assembly iPhone 6s/6s Plus


Pertama-tama pastinya matikan (turn-off) dulu iPhone-nya.

Lalu, di bagian bawah dekat port charger lightning ada dua buah sekrup yang harus kamu lepas dulu dengan obeng pentalobe (bintang 5) ukuran P2 atau 0.8mm.

Setelah skrup lepas, tempelkan suction cup di dekat home button, lalu angkat sedikit untuk membuat celah agar bisa memasukan ujung datar spudger.


Congkel-congkel perlahan setiap sisi LCD (bawah, kiri dan kanan), kecuali bagian atas jangan dicongkel karena ada kabel flexible.

Setelah kira-kira bracket LCD terlepas semua dari body iPhone-nya, angkat perlahan dari bagian bawah, seperti pada foto dibawah ini. Jangan membuka lebih dari 90 derajat karena di bagian atas iPhone ada kabel flexible dari LCD ke logic board.


Tahan LCD pada posisi 90 derajat atau kurang, lalu lepaskan dua buah skrup phillips (+) ukuran PH000 atau 1.0~1.5mm, yang menahan plat pelindung konektor baterai.

Catatan: Melepas konektor baterai didahulukan sebelum membuka konektor LCD dengan alasan keamanan untuk memutus aliran listrik terlebih dahulu.

Lalu angkat plat-nya dengan menggunakan pinset (pakai jari kalau gak punya pinset).

Selanjutnya congkel konektor baterai dengan spudger untuk melepakannya. Gak punya spudger bisa pakai kuku.


Catatan: Melepas LCD ini optional, masih memungkinkan ganti baterai tanpa melepas LCD, tapi kalau mau lebih aman dan lebih leluasa bisa dilepas dulu LCD assembly nya.

Setelah arus listrik diputus. Lepaskan 4 buah sekrup (iPhone 6s) atau 5 buah skrup (iPhone 6s Plus) yang menahan plat pelindung konektor LCD.

Angkat plat-nya dengan pinset.

Lalu congkel semua konektor yang terhubung ke LCD assembly. Setelah itu, kamu bisa memisahkan LCD dari body iPhone..

Next..

2. Membuka Baterai iPhone 6s/6s Plus


Baterai iPhone 6s/6s Plus yang masih original bawaan dan masih perawan belum pernah diganti biasanya menempel ke body dengan perekat khusus.

Diujung baterai biasanya ada pull-tab untuk menarik perekat baterai tersebut..


Tarik pull-tab secara datar dan lurus (atau gunakan, digulung secara mendatar dengan pinset, laukan perlahan supaya tidak putus), jangan sampai putus ditengah karena akan cukup susah melepas baterai jika perekat tidak tertarik semuanya.

Kalau putus ditengah, congkel baterai dengan kartu plastik seperti SIM/KTP atau kartu remi.


Setelah baterai terlepas, silahkan pasang kembali LCD, lalu pasang baterai baru dan ganti perekatnya dengan yang baru (bisa pake double-tape), lalu tes nyalakan. Jika berfungsi dengan baik, pasang lagi semuanya seperti semula.

3. Kalibrasi Baterai


Setelah ganti baterai, disarankan dikalibrasi dulu, caranya silahkan gunakan sampai lowbatt (dibawah 10%) lalu cas sampai 100% tanpa dimainkan.

Selesai!

Versi video:


Thanks to the source ifixit. Good luck, semoga berhasil. Bantu like dan share.

0 Response to "Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai Apple iPhone 6s/6s Plus"

Posting Komentar