Adakah Produk Tronsmart, Aukey, Anker Palsu?

Adakah Produk Tronsmart Palsu?


Elppas, sebagai penjual produk Tronsmart, salah satunya kabel data Tronsmart, beberapa kali saya mendapat pertanyaan dari calon pembeli, "ori gan?," "dijamin ori?"


Memang tidak ada kata-kata "Tronsmart palsu" tapi dengan pertanyaan tersebut seolah-olah ada produk Tronsmart palsu.

Sejauh ini yang saya ketahui sih tidak pernah menemukan kasus produk Trosnmart dipalsukan, baik charger, powerbank, apalagi cuma sekedar kabel data.

Saya sudah mencari di Google dengan kata kunci "Tronsmart Palsu" dan "Fake Tronsmart" tidak ditemukan ada kasus pemalsuan pada produk ini.

Namun jika Anda menemukan produk Tronsmart tiruan silahkan infokan di komentar.

Adakah Produk Aukey Palsu?


Sama halnya dengan Tronsmart, hingga saat artikel ini ditulis, Elppas tidak menemukan kasus mengenai produk palsu Aukey.

Adapun yang ditemukan justru Aukey yang dianggap memalsukan sertifikasi logo Intertek di wall charger-nya pada model PA-U32

Produk tersebut memasang logo cETLus Certification dengan control number: 4010025 tanpa otorisasi dari pihak Intertek.


Info didapat dari link: http://www.intertek.com/WorkArea/DownloadAsset.aspx?id=34359756154
Via:  https://www.flyertalk.com/forum/travel-technology/1799663-aukey-charger-has-fake-certification.html

Namun sepertinya produk tersebut khusus di jual di market US dan Canada.

Adakah Produk Anker Palsu?


Kalau Anker sepertinya sudah ada produk palsunya walaupun dari hasil pencarian di Google dengan kata kunci "Anker Palsu" belum ada kasusnya.

Yang saya temukan hanya halaman di Tokopedia, tepatnya di halaman produk penjualan pada deskripsinya menuliskan "HATI-HATI ANKER PALSU BEREDAR DI INDONESIA!", dan pemilik toko tersebut adalah official store Anker Indonesia.

Link https://www.tokopedia.com/anker-indonesia/hati-hati-anker-palsu-beredar-di-indonesia


Untuk luar negeri, bisa dicari dengan kata kunci "Fake Anker" Anda bisa menemukan beberapa kasus mengenai produk palsu Anker.

Jadi untuk produk Anker saya kira positif ada pemalsuan. Ya mungkin karena Anker ini sudah populer dan harganya juga lumayan mahal-mahal, jadi wajar saja jika ada pemalsuan.

Resmi, Black Market/Import, dan Palsu


Sepengetahuan saya ada beberapa bentuk peredaran produk dari brand-brand diatas, diantaranya:
  • Resmi berarti diimpor dan didistribusikan oleh pihak yang sudah mendapat otorisasi dari pemilik merk. Aukey dan Anker sudah ada distributor resminya di Indonesia. Garansi biasanya 1-2 tahun, terjamin kualitasnya. Tapi harganya lumayan mahal.
  • Black Market/import langsung/non-resmi tapi barang original. Tronsmart belum ada resminya. Harga biasanya lebih murah dari resmi (bisa 10-40%) tapi hanya dikasih garansi 1 bulan.
  • Palsu. Biasanya harga juah lebih murah, lebih dari 50% lebih murah.
Namun perlu diperhatikan juga, beda kemasan belum tentu palsu, karena sepengalaman saya sebagai penjual. Sewaktu-waktu kemasan bisa berubah atau bahkan desain dari produknya pun bisa berubah seperti tulisan yang asalnya putih jadi abu-abu. Hal itu biasanya untuk membedakan batch produksi.

Yang paling jelas dari barang palsu biasanya adalah build-quality, karena kualitas sangat menentukan harga. Barang palsu tentunya mentarget harga termurah.

Demikian info seputar ada atau tidaknya produk palsu dari brand Tronsmart, Aukey, dan Anker. Mereka merupakan beberapa produsen charger terbaik.

Jika Anda menemukan barang palsu diantara brand tersebut, silahkan berbagi info di komentar.

0 Response to "Adakah Produk Tronsmart, Aukey, Anker Palsu?"

Posting Komentar