Glue Melting Bag Jakemy JM-OP09 (iOpener iFixit) Melelehkan Lem Smartphone/Tab

Apa itu iOpener?


Melting Bag atau iOpener (iFixit) adalah alat pembuka tablet/smartphone yang berfungsi untuk mengaplikasikan panas secara langsung dan merata pada komponen casing/LCD yang direkatkan dengan lem. Setelah perekat dilelehkan dengan panas yang diaplikasikan oleh melting bag, perekat dapat diiris menggunakan opening picks, spudger, prying tool, atau plastic card. Tool ini dirancang khusus untuk iPad, namun bekerja dengan semua tablet, smartphone, atau peralatan elektronik lainnya yang memerlukan aplikasi panas dalam proses pembongkaran. Melting bag/iOpener dipanaskan dalam microwave dan dapat digunakan kembali.

iOpener terbuat dari bahan Nylon Taffeta yang didalamnya terdapat Thermal Gel yang dapat menyerap panas dan mempertahankannya hingga 10 menit. Kamu dapat memanaskannya secara berulang. 

Tool iOpener di Indonesia mungkin masih jarang diminati karena harus menggunakan microwave, sedangkan microvawe belum umum di masyarakat Indonesia.

Tapi alat ini mulai sering digunakan dalam proses perbaikan smartphone, karena smartphone saat ini banyak menggunakan lem baik pada casing belakang maupun pada LCD assembly.

iOpener merupakan alternatif dari penggunaan Heat Gun (sejenis hairdryer untu memanaskan komponen elektronik).

Jika kamu ingin mebeli iOpener, ada alternatif dari merk iFixit yang tidak dijual di Indonesia. Alternatifnya merk Jakemy.

iOpener Jakemy JM-OP09 versi lama:


iOpener Jakemy JM-OP09 versi baru:


iOpener iFixit:


Spesifikasi Jakemy JM-OP09:
  • Material: Nylon Taffeta, Thermal gel
  • Ukuran: 250x45x45mm
  • Berat: 178gram

Cara Memanaskan Glue Melting Bag (iOpener Heating)


Sebelum mulai memanaskan iOpener, disarankan membersihkan dulu microwave, supaya tidak ada lengket bekas makanan atau apaun nanti di iOpener-nya.
  1. Letakan iOpener di tengah microwave. Untuk microwave korsel: Pastikan piring berputar dengan bebas. Jika iOpener Anda macet, mungkin akan terlalu panas dan terbakar.
  2. Panaskan iOpener pada high backing temperatur sekitar 30-40 detik. 
  3. Setelah dipanaskan ambil iOpener dari microwave, pegang dengan salah satu dari dua ujung datar untuk menghindari pusat panas. IOpener akan sangat panas, jadi hati-hati saat menanganinya. Gunakan sarung tangan oven jika perlu.
  4. Letakan iOpener di bagian tablet/smartphone LCD/casing belakang yang ingin dilelehkan perekatnya, tunggu sekitar 10-60 detik untuk melelehkan lem.
  5. Gunakan suction cup untuk mengangkat LCD/backcover untuk membuat celah dan masukan opening pick/prytool. Sisir dengan opening pick ke seluruh bagian untuk merobek lem.
  6. Buka LCD/backcover.

Penggunaan iOpener pada casing belakang bisa dilihat pada artikel cara mengganti baterai Samsung Galaxy S6. Sedangkan untuk penggunaan pada LCD bisa dilihat pada video dibawah ini..

Video Contoh Penggunaan iOpener (mulai pada detik 56):


Demikian informasi produk Glue Melting Bag Jekamy JM-OP09 (iOpener iFixit). Semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share, bantu Elppas agar tetap eksis:)

1 Response to "Glue Melting Bag Jakemy JM-OP09 (iOpener iFixit) Melelehkan Lem Smartphone/Tab"