EFEK dan Perbedaan Ngecas Menggunakan Kabel Data Panjang 2m 3m 5m 10m

Tahukah kamu, apakah ada efek dan perbedaan ketika ngecas menggunakan kabel data panjang 2m, 3m, 5m, 10m?


Kali ini Elppas akan membahas tentang pengujian terhadap beberapa kabel data/charger yang memiliki panjang berbeda-beda, diantaranya:
  • Kabel 30cm
  • Kabel 1m (standar)
  • Kabel 2m
  • Kabel 3m
Pada pengujian digunakan charger merk Anker dengan maksimum 60W, 10 port dan masing-masing dengan tegangan 5V.

Pengujian dilakukan sebanyak dua kali dengan menggunakan kabel beda merk.

Pada pengujian pertama, digunakan kabel standar braided tidak tau merk-nya apa dengan hasil semakin panjang kabel maka akan semakin turun voltase hingga kehilangan 1V pada kabel panjang 3m.


Pada pengujian kedua, digunakan kabel bermerk Anker yang menunjukkan penurunan juga ketika ukuran panjang bertambah, namun pada kabel ini penurunannya tidak terlalu signifikan.


Berikut adalah hasil pengujian:

Panjang Merk Voltase Ampere
0cm - 5.15V 2.00A
30cm Anker 4.62V 1.99A
1m - 4.55V 2.00A

Anker 4.60V 1.99A
2m - 4.32V 1.99A

Anker 4.39V 1.99A
3m - 3.99V 2.00A

Anker 4.24V 1.98A

Dari tabel hasil pengujian tersebut bisa kita simpulkan maka semakin panjang kabel akan semakin kehilangan tegangan (voltase), tetapi arus (ampere) tetap tidak berkurang.

Efek dari pengurangan voltase adalah akan semakin lama waktu ngecas dibutuhkan, karena akan banyak kehilangan tegangan di kabel. Hal itu juga tentu akan bepengaruh kepada pemborosan listrik walaupun mungkin selisihnya hanya sedikit sekali.

Untuk kabel yang super panjang misal 5m atau 10m kemungkinan akan lebih rendah lagi voltase-nya. Bisa jadi perangkat tidak mau ngecas.

Namun jika kamu memang membutuhkan kabel data yang panjang maka sebaiknya pilih merk yang bagus seperti Anker, Tronsmart, Aukey, dll. Dan pastikan memilih kabel yang tebal diameternya sekitar 20AWG/0.5mm.

Sumber dari video intermit.Tech:

3 Responses to "EFEK dan Perbedaan Ngecas Menggunakan Kabel Data Panjang 2m 3m 5m 10m"

  1. Bagus sekali dan bermanfaat om, semoga ilmu dan amal om menjadi berguna buat pembaca. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya senang menjadi penguji alat dan teknologi dan fitur, saya menggunakan kabel Type C merk Vention panjang 2m dan merk Hippo Telemart panjang 2m,keduanya menghasilkan sama fitur QC3 berfungsi tetapi lebih cepat mencapai 100% dengan menggunakan merk ..ntion, walau agak mahal dan diameter kabel sebesar rokok mild.

    BalasHapus
  3. Tegangan tidak mempengaruhi cepat pambatnya pengisian .. Yang mempengaruhi hanyalah arus / amper

    BalasHapus