Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Sony Xperia Z5 Dual

Ketika baterai tanam Sony Xperia Z5 kamu sudah mulai bermasalah, cepat habis, atau drop, mungkin sudah saatnya kamu mengganti baterainya.


Caranya lumayan gampang kok, hanya tinggal membuka casing belakang (backcover), lalu membuka baterai dan menggantinya dengan yang baru.

Untuk panduan lengkapnya, Elppas akan bahas mulai dari spesifikasi baterai, tools kit apa saja yang diperlukan..

Spesifikasi Baterai Sony Xperia Z5


Mari kenali dulu baterai Sony Xperia Z5, jangan sampai salah beli..

  • Model: LIS1593ERPC
  • Jenis: Li-Polymer Battery
  • Rating: +3.8V 
  • Charge Voltage: +4.35V
  • Kapasitas: 2900 mAh
  • Watthour: 11.1Wh
Belinya di mana? Mungkin kalau mau beli baterai original bisa tanya ke Sonys Service Center. Tapi di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada juga banyak yang jual. Hanya saja mungkin perlu hati-hati karena mungkin banyak yang KW.

Obeng dan Tools Kit Untuk Ganti Baterai Sony Xperia Z5


Untuk bongkar siapkan dulu tools kit sbb:
  • SIM Card tray ejecor
  • Heat Gun (sejenis Hairdryer untuk elektronik) atau Glue Melting Bag iOpener
  • Suction Cup
  • Spudger
  • Opening picks
Ya untuk ganti baterai tidak memerlukan obeng, hanya tools kit saja. Kalau belum punya tools kitnya mungkin bisa beli dulu di lapak Elppas (bukalapak.com/elppastore) atau (tokopedia.com/elppastore)

Sudah siap? Langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Sony Xperia Z5 Dual


Sebelum bongkar, pastikan matikan dulu HP nya dan keluarkan sim card tray!

Sony Xperia Z5 menggunakan lem perekat untuk menempelkan casing belakang ke body. Jadi harus dipanaskan dulu dengan heat gun atau melting bag untuk melelehkan lem tersebut sehingga akan lebih mudah membukanya..

Setelah itu, angkat sedikit casing belakang dengan suction cup untuk membuat celah dan memasukan opening pick atau pick gitar..


Sisir dengan opening picks ke seluruh bagian untuk merobek lem sampai terbuka semua. Lalu angkat casing belakang dengan suction cup..

Langkah 2: Membuka Baterai Sony Xperia Z5 Dual


Selanjutnya kamu harus lepaskan konektor baterai. Baterai menempel pada frame dengan perekat khusus yang memiliki ujung putih di bagian bawah. Ujung perekat (pull tab) bisa kamu tarik untuk melepaskan seluruh perekat tersebut.

Tarik pull tab nya secara lurus dan datar, usahakan jangan sampai terputus supaya baterai mudah terlepas..


Tapi kalau putus, kamu harus mencongkel baterainya dengan spudger. Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan yang baru. Tes nyala. Pasang kembali semua seperti semula.

Video


Kalau masih kurang jelas silahkan lihat video panduan membuka casing belakang dan mengganti baterai Xperia Z5 berikut ini..


Demikian cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Sony Xperia Z5 Dual. Semoga bermanfaat. Like dan share di sosmed kamu jika bermanfaat. Dukung Elppas agar tetap eksis:) Source.

1 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Sony Xperia Z5 Dual"