Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Asus ZenFone 3 Max

Ketika baterai tanam Asus ZenFone 3 Max kamu sudah mulai bermasalah, cepat habis, atau drop, mungkin sudah saatnya kamu mengganti baterainya.

Caranya gampang kok, hanya tinggal membuka casing belakang (backcover), melepas flexible fingerprint, membuka beberapa sekrup, membuka baterai dan menggantinya dengan yang baru.

Untuk panduan lengkapnya, Elppas akan bahas mulai dari spesifikasi baterai, obeng dan tools kit apa saja yang diperlukan..

Spesifikasi Baterai Asus ZenFone 3 Max


Mari kenali dulu baterai Asus ZenFone 3 Max, jangan sampai salah beli..
  • Model: C11P1611
  • Jenis: Li-Polymer Battery
  • Rating: +3.85V 
  • Charge Voltage: +4.4V
  • Kapasitas: 4030~4130 mAh
  • Watthour: 15.9Wh
Belinya di mana? Mungkin kalau mau beli baterai original bisa tanya ke Asus Service Center. Tapi di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada juga banyak yang jual. Hanya saja mungkin perlu hati-hati karena mungkin banyak yang KW.

Obeng dan Tools Kit Untuk Bongkar Asus Zenfone 3 Max


Untuk bongkar siapkan dulu peralatan obeng dan tools kit sbb:
  • Prying tool/spudger
  • Obeng phillips (plus) ukuran #00 atau sekitar 1.5~2.0mm
Kalau belum punya obeng dan tools kitnya mungkin bisa beli dulu di lapak Elppas (bukalapak.com/elppastore) atau (tokopedia.com/elppastore)

Sudah siap? Langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Asus Zenfone 3 Max


Tanpa sekrup/baud atau lem di bagian casing belakang, langsung aja congkel dengan menggunakan prying tool/spudger atau yg sejenisnya diantara LCD dan casing belakang ZenFone 3 Max ini seperti pada gambar..


Sisir ke seluruh bagian sampai terbuka semua. Hati-hati saat membuka casing belakang karena ada flexible fingerprint yang nyambung dari motherboard ke casing belakang.


Congkel dengan prytool atau kuku untuk melepas konektor fingerprint.

Langkah 2: Membuka Baterai Zenfone 3 Max


Selanjutnya kamu harus lepaskan konektor baterai. Juga angkat selaput hitam yang menempel ke baterai.


Baterai menempel pada frame dengan perekat khusus yang memiliki ujung putih di bagian bawah. Ujung perekat (pull tab) bisa kamu tarik untuk melepaskan seluruh perekat tersebut.

Tapi jika kamu menarik keatas kemungkinan akan mudah putus.


Oleh karena itu kalau mau lebih leluasa kamu bisa buka dulu frame bagian bawah dengan melepas beberapa skrup/baud dengan obeng phillips (plus) ukuran #00 atau 1.5mm.


Dengan membuka frame bawah, kamu bisa menarik pull tab perekat baterai agak mendatar sehingga perekatnya tidak mudah putus.


Tapi kalau putus, kamu harus mencongkel baterainya dengan spudger/opening picks. Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan yang baru. Tes nyala. Pasang kembali semua seperti semula.

Demikian cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Asus Zenfone 3 Max. Semoga bermanfaat. Like dan share di sosmed kamu jika bermanfaat. Dukung Elppas agar tetap eksis:) Source.

2 Responses to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Asus ZenFone 3 Max"

  1. gan,,, ane liat di zf ane, sepertinya baut nya segi 5 (bintang)...itu dimana nyarinya ya...

    BalasHapus
  2. terbaik min, makasih sudah share ...
    solder infrared

    BalasHapus