1 CHARGER Untuk 5 HP: Remax Young RU-U1 VS Aukey PA-T15 Multi-port USB Hub

Punya banyak HP dan Tablet? Multi-port USB charger (charging stasion) mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda. Kali ini saya akan membahas charger yang memiliki banyak colokan (port) USB, sehingga Anda dapat melakukan pengisian baterai dari satu charger saja untuk semua (max. 5) HP/tablet.



Saya akan bahas 2 charger saja untuk dibagi pada dua segmen berbeda. Yang satu merk Remax dengan harga murah dan satu lagi Aukey dengan harga lebih mahal tetapi disertai kualitas dan fitur yang lebih baik.

Remax Young Series RU-U1 5 Ports USB Hub Charger: Murah Bagus


Kita cek spesifikasinya dulu:
  • 5 Port USB dengan rincian sbb:
    Output 1 (paling atas): DC 5V~1A
    Output 2: DC 5V~1A
    Output 3: DC 5V~1A
    Output 4: DC 5V~2.1A
    Output 5 (paling bawah): DC 5V~2.4A
  • Panjang kabel: 1,2 meter
Harga kisaran: Rp. 110rb-150rb.

Remax Young RU-U1


Review

Dengan harga yang cukup murah terjangkau, Anda sudah bisa memiliki carger tersebut. Tapi lihat dulu spesifikasinya apakah cocok untuk Anda atau tidak?

Bagi yang belum faham mungkin akan sedikit bingung apa Volt (Tegangan) dan Ampere (Arus). Saya jelaskan dulu secara singkat..

Bayangkan kita ganti [Volt] jadi [Sedotan] dan [Ampere] jadi [Arus Air], sedangkan HP adalah mulut kita yang menyedot air.

Kalau 5V~1A itu diibaratkan kita nyeruput air pake sedotan tapi santai. Sedangkan 5V 2.1A itu berarti lebar lubang sedotannya sama tapi kecepatan nyedotnya lebih cepat 2x dari yang 1A. Kira-kira begitu.

Kenapa contohnya "disedot"? Karena prinsipnya memang begitu, HP kita yang meminta (menyedot) arus dari charger, bukan charger yang mendorong arus ke HP kita.

Artinya, walaupun charger sudah mendukung 5V 2,4A tapi kalau HP Anda cuma mendukung 5V 1A ya tetap aja yang disedot cuma 1A.

Kembali ke pembahasan charger, kalau Anda sudah mengerti tentang Volt & Ampere, bisa kita lihat spesifikasi charger ini memang wajar jika harganya cukup murah.

Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan. Cara mudahnya mungkin bisa dilihat dari kapasitas baterai HP Anda, biasanya untuk baterai dengan kapasitas dibawah 2000mAh seperti iPhone 5s/5/4 kebawah hanya perlu charger 5V 1A. Sedangkan untuk smartphone dan tablet yang baterainya besar diatas 2000mAh biasanya perlu charger 5V 2A.

Kesimpulannya Remax RU-U1 ini cocok untuk Anda dan keluarga yang memiliki beberapa HP tapi masih menggunakan HP dengan baterai kapasitas kecil. Atau mungkin bagi Anda yang memiliki budget ketat.

Dan soal kualitas Remax saya kira cukup baik, merk ini sudah cukup terkenal. Yang penting jangan sampai membeli charger abal-abal yang tidak jelas merknya.

Aukey Charger USB 5 Port QC 3.0 & AiPower - PA-T15: Berkualitas


Pilihan lain bagi Anda yang memiliki budget lebih dan mengharapkan kualitas, Aukey PA-T15 mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

Aukey PA-T15


Mari kita cek spesifikasinya:
  • Technology: Quick Charge 3.0 & AiPower
  • Input: AC 100-240V
  • Output 1-4 (AiPower): 5V 7.2A Max
  • Output 5 (Quick Charge 3.0): 3.6V-6.5V 3A | 6.5V-9V 2A | 9V-12V 1.5A
  • Weight: 149.1g / 5.26oz
Harga kisaran: Rp. 300rb.

Review

Dari spesifikasi kita bisa lihat charger ini memiliki teknologi lebih dari charger biasa. Diantaranya:

AiPower: Adalah teknologi Aukey dimana charger akan secara otomatis beradaptasi persis sesuai dengan permintaan device (HP/Tablet) dengan arus maksimal 2.4A. Yang dirancang untuk keamanan maksimal ketika mengisi baterai berbagai device (HP Android, iPhone, Bluetooth headphone, kamera dan power banks).

Jadi semua colokan USB 1-4 akan otomatis mengenali kebutuhan Ampere yang diminta HP, maksimal setiap slot 2.4A, dengan maximal keempat slot (jika digunakan semua) 7.2A atau masing-masing 1.8A kalau dibagi rata. Masih ngangkat untuk colok 4 biji smartphone/tablet jaman sekarang.

Quick Charge 3.0. Adalah teknologi charger cepat dari Qualcomm. Sudah banyak dibahas di blog saya ini jadi gak akan saya bahas banyak.

Selain teknologi-teknologi tersebut juga charger ini disertai dengan fitur keamanan sbb:
  • Perlindungan dari kelebihan Arus
  • Perlindungan dari overheating (terlalu panas)
  • Perlindungan dari voercharging
Selain itu juga build quality charger Aukey biasanya menggunakan bahan-bahan berkualitas baik body plastiknya maupun komponen di dalamnya.

Jadi untuk Anda yang mencari charger multi-port yang berkualitas, mungkin Aukey PA-T15 bisa menjadi solusi.

Selain dari Aukey, merk-merk yang bagus lainnya ada Tronsmart, Orico, dan Anker. Atau Anda punya rekomendasi lain? Silahkan berbagi di komentar..

1 Response to "1 CHARGER Untuk 5 HP: Remax Young RU-U1 VS Aukey PA-T15 Multi-port USB Hub"

  1. kalau dibuat charger semua, bisa stabil semua ya gan?
    alat servis hp

    BalasHapus