Iklan Header

Spesifikasi Oppo A83 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan.

Oppo A83 telah resmi dijual di Indonesia pada 6 Februari 2018 dengan harga Rp. 2.999.000,-. Dengan harga segitu bagaimana spesifikasinya? Bagus gak smartphone ini?


Spesifikasi Oppo A83


Berikut spesifikasi singkat Oppo A83, dan nanti akan dibahas di bagian bawah bagus tidaknya smartphone 3 jutaan dengan spesifikasi ini..
  • Jaringan: 4G LTE, HSPA, 3G, 2G, GPRS, EDGE.
  • Dimensi: 150.5 x 73.1 x 7.7 mm (5.93 x 2.88 x 0.30 in) 
  • Berat: 143 gram
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Build: Front glass, bodi plastik dengan finisihing seperti aluminium
  • Tipe Display: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran Layar: 5.7 inchi, 83.8 cm2 (~76.2% screen-to-body ratio)
  • Resolusi: 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~282 ppi density)
  • OS: Android 7.1 (Nougat) - ColorOS 3.2
  • Chipset: Mediatek MT6763T Helio P23
  • PCU: Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Memori Internal: 3/32 GB
  • Slot MicroSD: ip to 256 GB (dedicated slot)
  • Camera Belakang: 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
  • Video: 1080p@30fps
  • Kamera Selfie: 8 MP, f/2.2
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3180 mAh
Berdasarkan spesifikasi diatas, menurut Elppas ada satu kekurangan yaitu di resolusi yang hanya HD+ dengan PPI ~282 yang berarti titik-titik (pixel) pada layar Oppo A83 masih bisa terlihat oleh mata manusia.

Secara performa (kecepatan) kurang lebih akan sama dengan performa Oppo F5, karena menggunakan chipset yang sama persis yaitu Mediatek MT6763T Helio P23. Chipset ini merupakan kelas menengah yang cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi umum dan juga masih sanggup menjalankan game-game 3D saat ini.

Untuk lebih detailnya silahkan baca reviewnya..

Review Singkat Oppo A83


Desain

Fitur yang menentukan dari Oppo A83 adalah layar 18:9, yang menarik perhatian. Namun, ponsel tidak cukup mencapai tampilan "borderless", dengan ruang yang cukup menonjol di atas dan di bawah layar. Kisi samping dan kamera depan sangat mencolok di bagian atas, dan tidak ada lampu kilat depan, yang cukup mengejutkan untuk ponsel selfie-sentris pada harga 3 jutaan.

Casing belakang logam dan melengkung di sekitar sisi telepon, namun ada bibir yang mengelilingi kaca depan yang terasa sedikit mengganggu. Kamera belakang menonjol sekitar 1mm dan juga memiliki masalah yang sama.
Oppo A83 tersedia dalam warna hitam dan gold, dan kami menyukai finish hitam matte. Ini terlihat bagus dan mudah digenggam. Namun, kami tetap menyarankan penggunaan casing plastik snap-on yang diberikan di dalam kotak penjualannya, untuk menghindari goresan ringan dan sidik jari yang mudah menempel.

Tombol power ada di sebelah kanan, dan di atasnya ada wadah dengan potongan untuk dua Nano-SIMs dan satu kartu microSD.


Tombol volume ada di sebelah kiri. Ada port Micro-USB, soket audio 3.5mm, dan grill speaker di bagian bawah.

Seperti yang diharapkan, tombol navigasi Android ada di layar. Kejutan besar adalah bahwa Oppo A83 sama sekali tidak memiliki sensor sidik jari.


Tentu saja, OEM Android sering meniru Apple selama bertahun-tahun, jadi tidak dapat dipungkiri bahwa Oppo akan melakukan ini. Namun sayang tidak ada alternatif sekuat Apple's Face ID - Anda mendapatkan pengenalan wajah standar yang tidak seaman dan nyaman dalam segala situasi.

Kami sangat menyukai fakta bahwa Oppo A83 memiliki berat hanya 143g, sehingga jauh lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan, serta sangat sesuai di saku. Anda masih harus meregang untuk menjangkau seluruh pelosok layar dengan satu jempol, tapi kami tidak pernah merasa ponsel ini terlepas dari genggaman kami.

Spesifikasi dan perangkat lunak Oppo A83

Salah satu perbedaan utama antara A83 dan F5 adalah ponsel ini memiliki layar resolusi rendah, pada 720x1440 piksel. Ukurannya 5,7 inci secara diagonal, yang masih cukup tajam, tapi bukan yang terbaik di kelasnya.

 
Baterai berkapasitas 3180mAh yang cukup tahan lama, namun tidak didukung pengisian cepat VOOC.

Sebagian besar ponsel baru masih belum menjalankan Android 8.0, dan yang satu ini tak terkecuali. Anda mendapatkan Android 7.1.1 dengan skin ColorOS Oppo yang custom, yang tidak berubah dari apa yang kami lihat di Oppo F5.

Tampak sangat dipengaruhi oleh iOS, dalam hal tata letak dan fungsionalitas. Sebagai permulaan, Anda harus menggesek ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka panel dengan semua pengaturan cepat dan beberapa cara pintas aplikasi.

Aplikasi Setelan juga telah disusun kembali dengan cukup drastis. Ada beberapa isyarat dan cara pintas gerak yang memungkinkan Anda membuka kunci ponsel dan langsung masuk ke aplikasi pilihan Anda.

Ada juga filter unik untuk melindungi dari base station palsu yang digunakan oleh scammers, dan pilihan untuk mencoba mengenali penelepon yang tidak dikenal. Anda dapat menggunakan dua contoh aplikasi media sosial dengan akun yang berbeda, dan menjalankan dua aplikasi dalam mode layar terpisah (jika mereka mendukungnya, yang banyak dari aplikasi stok tidak).

ColorOS memiliki browser Web sendiri serta aplikasi Musik, Video, dan Foto, yang menduplikasi fungsionalitas aplikasi utama Google. Ada juga Oppo AppStore selain Google Play Store, yang memiliki banyak aplikasi dan game umum yang ditawarkan.

Aplikasi Themes menawarkan lebih dari 100 tema dan wallpaper yang dapat didownload, yang dapat diunduh tanpa perlu membuat akun. Phone Manager berisi alat pengatur RAM dan cache biasa dan juga ikhtisar semua hak akses privasi Anda. Selain aplikasi ini, Oppo membawa aplikasi Facebook dan UC News. TouchPal adalah keyboard sistem standar.

Kinerja Oppo A83 
Segera setelah kami mulai menggunakan Oppo A83, kami melihat bahwa layar memiliki sedikit masalah dengan sudut pandang. Putihnya cenderung bernada kuning atau biru jika Anda melihat layar dari luar pusat, seperti saat telepon terbaring di atas meja.  

Namun bukan masalah saat Anda memegang telepon di depan Anda untuk menonton video atau bermain game. Teksnya "renyah", dan kecerahannya cukup bagus untuk penggunaan di luar ruangan.Kinerja umum lumayan bagus, dan tidak ada masalah dengan lag. Beberapa game juga berjalan mulus, namun bagian belakang telepon menjadi sedikit hangat setelah beberapa menit bermain Modern Combat 5. 

 
AnTuTu memberi kami skor 66.729 dan tes Work 2.0 PCMark memberi kami 3.903 poin. Geekbench 4 menolak untuk dijalankan, mengklaim bahwa ponsel tidak terhubung ke Internet meskipun koneksi 4G dan Wi-Fi aktif - kami menghadapi masalah yang sama persis dengan Oppo F5, yang mungkin mengindikasikan masalah kompatibilitas dengan ColorOS. Uji T-rex GFXBench berlari pada 36fps yang merupakan peningkatan dari skor Oppo F5, tentu karena layar resolusi rendah.

Pengenalan wajah cepat, dan jauh lebih bermanfaat daripada di Oppo F5. Kami tidak dapat membodohi ponsel ini dengan foto, namun tetap terkunci sendiri saat kami menutup mata atau memiliki bagian dari wajah kami yang tidak jelas.
Anda juga dapat menggunakan pengenalan wajah untuk mengunci aplikasi atau file tertentu di telepon.

Aplikasi kamera ColorOS sangat mirip dengan desain Apple, sampai ke detail terkecil. Bahkan ada tombol zoom kanan di atas pita pemilihan mode meski ponsel ini hanya memiliki satu lensa kamera dan tidak ada optical zoom.  


Ada beberapa filter sederhana dan toggles cepat untuk HDR dan lampu kilat. Mode Expert memungkinkan Anda mengatur white balance, kecepatan rana, pemaparan, fokus dan ISO secara manual, dan juga memiliki resolusi "Ultra resolution" yang menggunakan beberapa eksposur untuk menjahit satu bingkai resolusi tinggi 50 megapiksel, meskipun tidak cukup meningkatkan kualitas.

Kamera depan memiliki sensor 8 megapiksel dan aperture f / 2.2. Fitur kecantikan "AI-powered" nampaknya mampu mengurangi noda, namun kulit akan terlihat kurang natural pada tingkat maksimum. Selfies umumnya cukup baik untuk media sosial, tapi tidak wah.

Kamera 13 megapiksel belakang juga memiliki aperture f / 2.2. Foto yang diambil di bawah hampir semua jenis pencahayaan terlihat bagus di layar ponsel, namun jika dilihat di monitor besar menunjukkan tingkat detail yang benar-benar tertangkap. 


Di siang hari, tekstur terlihat agak kasar dan artifisial, meski close up masih cukup bagus. Pengambilan gambar waktu malam terlihat sangat bagus pada pandangan pertama, tapi tidak bertahan dengan baik saat terlihat pada ukuran penuh, dengan banyak noise dan kabur jika ada gerakan sekecil apa pun.

Daya tahan baterai cukup bagus
untuk penggunaan sehari-hari yang melibatkan sedikit game dan streaming video, dan kami memiliki sedikit kekuatan yang tersisa pada akhir setiap hari. Uji coba video HD kami berjalan selama 11 jam, 55 menit yang merupakan nilai bagus untuk baterai yang tidak besar sama sekali menurut standar saat ini. 


Sayang sekali tidak ada dukungan fast charging di smartphone ini - dibutuhkan waktu hampir tiga jam untuk mengisi baterai ini saat benar-benar kosong. 

Kesimpulan 
 
Oppo A83 merupakan ponsel yang bagus dan baik secara keseluruhan. Meskipun Oppo menggunakan selfies sebagai titik penjualan utama, ponsel ini seperti ponsel pada umumnya, tanpa fitur utama yang benar-benar menonjol. 


Ia tidak memiliki kamera ganda di bagian depan atau belakang, dan tidak memiliki spesifikasi yang lebih di harga ini. Satu hal yang membedakannya dari pilihan terbaik di harga 3 jutaan adalah layar lebar 18:9. Walaupun pabrikan lain sudah bersiap untuk merilis model baru, tapi setidaknya Oppo sudah duluan.

Pengalaman menggunakan ponsel ini umumnya memuaskan, dengan sedikit sekali kekurangan. Jika Anda sangat menyukai kualitas foto, Anda mungkin ingin mencari alternatif lain. 



Kami juga berharap update Android segera, dan kami berharap agar Oppo tidak terlalu bergantung pada usaha untuk meniru iOS. Keputusan untuk melepaskan sensor sidik jari juga sepertinya terlalu dini.

Oppo bersaing dengan beberapa smartphone hebat di harga 3 jutaan, seperti Moto G5S dan Xiaomi Mi A1.


Kekurangan dan Kelebihan Oppo A83


Berikut kekurangan dan kelebihan Oppo A83 menurut pandangan kami. Bagus atau tidaknya tentu kembali lagi kepada masing-masing pengguna apakah sesuai kebutuhan atau tidak..

Kelebihan:
  • Performa keseluruhan cukup baik
  • Baik untuk aplikasi sosmed dan game
  • Layar lebar kekinian 18:9
  • Ketahanan baterai yang baik
  • Tipis dan ringan
Kekurangan:
  • Tidak ada sensor fingerprint
  • PPI dibawah 300 (kurang tajam)

Posting Komentar untuk "Spesifikasi Oppo A83 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan."