Iklan Header

Obeng dan Tools Kit Untuk Bongkar iPhone 7, 8, X, 11, 12 (Ada yg Baru: Tri-Point Y000)

Mau ganti baterai, sparepart atau bongkar iPhone 7/7Plus/8/8 Plus/X/11/12? Ini dia obeng dan tools kit yang perlu Anda siapkan.. Dan sedikit ulasan cara membuka/membongkar iPhone 7..


Obeng pentalobe (bintang 5) ukuran 0.8mm.







Kode lain dari pentalobe yang sering digunakan adalah P2. Seperti biasa, obeng P2 digunakan untuk bagian luar di bawah dekat konektor lightning.

iSlack atau Suction Cup





iSlack atau suction cup digunakan untuk mengangkat/membuka LCD iPhone 7. Tapi anda perlu hati-hati jika pertama kali buka, karena ada lem yang merekatkan LCD dengan body.

Jadi sebaiknya dihangatkan dulu pinggiran bagian bawah deket home button pakai hairdryer/iOpener sekitar 1 menit untuk melelehkan lem-nya supaya lebih mudah dibuka.

Hati-hati ada kabel flexible yang terhubung dari LCD ke logicboard jangan sampai tertarik ketika mengangkat LCD.

Ada baiknya juga dicongkel pakai spudger/opening pick bagian pinggir-pinggirnya jangan langsung ditari pakai suction cup atau iSlack.

Opening Pick




Opening pick merupakan plastik segitiga berbentuk seperti pick gitar yang tipis pada ujung-ujungnya yang dapat digunakan untuk membuka flexible yang melekat atau LCD yang melekat ke body.

Obeng Tri-point Y000 (0.6mm)




Berbeda dengan iPhone generasi sebelumnya, di iPhone 7, 8, X, 11, dan 12 ada satu tambahan jenis skrup lagi untuk "mempersulit" user membongkar iPhone-nya sendiri.

Sepertinya si Apple menambah lagi skrup/baut unik di iPhone 7 dan 7 Plus yaitu skrup Y dengan ukuran 0.6mm ~ 0.8mm yang hanya bisa dibuka dengan obeng Y000.

Obeng Y000 ini digunakan untuk membuka plat/bracket yang menutupi konektor kabel flexible LCD touchscreen dan konektor baterai.

Catatan: Obeng Y000 dalam ukuran milimeter ada dua pilihan, yaitu 0.6mm dan 0.8mm. Yang 0.8mm ini biasanya ada di merk Jakemy, ketajamannya (ujungnya) sama saja dalam ukuran Y000 hanya lebar badannya saja yang berbeda.

Spudger





Spudger dipakai sebagai alat bantu mencongkel LCD jika Anda membuka LCD dengan Suction Cup.

Spudger juga dipakai untuk mencongkel konektor.

Obeng Phillips #000



Selain obeng Y, obeng Phillips atau sering kita sebut obeng plus/kembang. Ukuran yang digunakan adalah #000 atau 1.2-1.5mm.

Obeng Slot



Yang kita kenal sebagai obeng min/pipih/flat, hanya digunakan untuk membuka skrup flat-head jika Anda mau bongkar logic board. Ukuran yang digunakan adalah 2.0mm.

Pinset



Pinset dapat membantu Anda mengambil part-part kecil seperti bracket.



Nah itu.. kalau mau beli alat-alat tersebut bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore 

Obeng Tri-Point untuk iPhone 7 keatas dan Apple Watch tersebut tersedia di Elppastore, ada yang versi murah dan mahal dengan kualitas yang lebih baik.

Updated: 15 Agustus 2021.

Posting Komentar untuk "Obeng dan Tools Kit Untuk Bongkar iPhone 7, 8, X, 11, 12 (Ada yg Baru: Tri-Point Y000)"