Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Ads

Netizen #BlokirKominfo Akibat Steam, Epic Games, CS, Dota, dan Origin Diblokir Kominfo

Hari Ini 30/07/2022, trending hastag #BlokirKominfo di berbagai platform sosial media seperti twitter, Facebook dan Instagram.

Pasalnya Kominfo memblokir beberapa situs gaming seperti Steam, Epic Games, CS, Dota, dan Origin. Selain itu juga situs Paypal yang merupakan platform transaksi keuangan global terkena blokir.

Bayangkan jutaan netizen pengguna Paypal dan gamers di Indonesia mengalami kesulitan untuk mengakses situs yang mereka butuhkan.

Kenapa diblokir?

Sesuai rencana sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) besar yang ada di Indonesia, mulai hari ini, 30 Juli 2022. 

Gamer di Tanah Air tidak bisa lagi mengakses platform di atas untuk menemukan informasi, mengunduh, dan membeli game favoritnya lewat kelima situs di atas. 

Kelima platform digital tersebut mulai diblokir Kominfo karena belum juga mendaftarkan diri ke Kominfo setelah dikirimi surat teguran. Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. 

Sebelumnya, Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Kominfo telah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, Origin pada Sabtu, 23 Juli lalu. 

Menurut Semuel, surat teguran berlaku selama lima hari kerja kerja setelah surat dikirim. Sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022. Bila masih bandel belum mendaftarkan diri ke Kominfo, kelima platform game dan distribusi game populer di Indonesia itu bakal diblokir sementara. 

Rencana pemblokiran itu benar-benar dilakukan Kominfo pada Sabtu (30/7/2022) pagi, atau sehari setelah surat teguran berlaku.

Keluh kesah netizen..

Fiar
@Fiar098
·
Layanan internet harusnya gaboleh dipegang sama kominfo lagi selama yang masih duduk disana para boomer t*l*l asal blok gajelas. Akses buat main game lewat steam, epic, dll aja di blokir masa paypal juga ikutan, banyak loh yang nyari duit lewat paypal. #BlokirKominfo

Ada yang bisa akese ada juga yang terblokir

Ya saya pribadi kalau menggunakan jaringan internet di laptop/PC yang menggunakan provider Melsa, sejauh ini aman-aman saja tidak terblokir. Tapi kalau pake jaringan seluler seperti IM3, Telkomsel, dll tidak bisa akses (terblokir).

Cara buka blokir ala Netizen

Ghislaine Geralt
@Ghis_Geralt

Network and Sharing Center > pilih Wi-Fi / Ethernet (kalau pake ethernet) > Properties > Internet Protocol Version 4 > Pilih "Use the following DNS Server Addresses" > DNS bisa cek di Retweet > OK

Ghislaine Geralt
@Ghis_Geralt
·
Bisa pake http://simplednscrypt.org , download nanti setting nya di kasih tau

Buat cara lain bisa pake cara ini..

setting di chrome bisa ke
Setting > Privacy Security > Security > Pilih Use Secure DNS.

 


#BlokirKominfo

Posting Komentar untuk "Netizen #BlokirKominfo Akibat Steam, Epic Games, CS, Dota, dan Origin Diblokir Kominfo"