Iklan Header

Cara Mengganti Baterai Tanam HP atau Laptop

HP (smartphone) dan Laptop jaman sekarang kebanyakan memiliki "baterai tanam". Sistem baterai tanam ini biasanya disebabkan karena musim desain body HP yg menyatu (unibody), selain itu juga untuk menunjang desain yang semakin menipis dan ringkas.

Baterai Tanam Bisa Diganti? 


Untuk smartphone dan laptop walaupun dibilang baterai tanam sebenarnya BISA diganti. Selama ada yang jualan baterai penganti nya dan menggunakan sistem konektor, bukan sistem solder. Walau bisa juga kalau pakai sistem solder cuma ribet aja kalau untuk orang awam.

Untuk bayangan, disini saya berikan beberapa contoh bagaimana baterai tertanam pada perangkat..

Baterai tanam (non-removable) pada smartphone Xiaomi Mi5, walaupun dibilang "baterai tanam" tapi sebenarnya bisa diganti dengan cara membongkar backdoor dan midframe, sedikit berbeda dengan baterai tipe removable seperti samsung Galaxy S5 hanya buka backdoor saja sudah langsung bisa ganti baterai.



Contoh baterai tanam pada Macbook Pro.. Baterai ada konektornya seperti baterai pada Xiaomi Mi5, iPhone atau smartphone masa kini pada umumnya hanya saja ukurannya yang biasanya lebih besar.



Contoh baterai tanam pada laptop. Baterai pada laptop Acer Aspire Z3-451 menggunakan 4 baterai tipe 18650 yang dipakai juga di vape (rokok elektronik), baterai tipe ini banyak dijual di toko online maupun toko offline. Namun sayang untuk lepatop jenis ini sepertinya diperlukan solder untuk mengganti baterai ini.


Jadi bagaimanapun sistem baterai tanam pada perangkat mobile, intinya selama ada yang jual baterai pengganti nya maka baterainya bisa diganti.

Bagaimana Cara Mengganti Baterai Tanam?


Cara sederhanannya ya tinggal bongkar HP/Laptop-nya, lepas konektor baterainya dan ganti baterainya dengan yang baru.

Hanya yang jadi masalahnya adalah bagaimana membongkar HP/Laptop tersebut? Setiap perangkat biasanya berbeda-beda cara membuka body-nya.

Don't worry be happy, hampir semua jenis/merk HP maupun Laptop biasanya sudah ada panduan cara mengganti baterai tanam-nya di internet. Jadi tinggal googling aja dengan kata kunci "Cara mengganti baterai + merk/tipe hp/laptop Anda", misal:

Cara mengganti baterai iPhone 7
Cara mengganti baterai Redmi Note 3

atau pakai bahasa Inggris

Acer Aspire Z3-451 Battery replacement
Macbook Air 13" Early 2015 Battery Replacement

Di blog Elppas juga sudah dibuat tutorial ganti baterai HP dan beberapa laptop, sudah ada 80+ artikel tentang cara membuka casing belakang dan ganti baterai.

Kalau sudah ketemu panduannya dan mau ganti baterai sendiri. Anda mungkin perlu beli baterainya, di tokopedia atau bukalapak banyak yang jual baterai HP/Laptop. Selain itu juga mungkin anda perlu obeng dan tool kits.

Dan terakhir, siapkan mental keberanian dan ketelitian :) Tenang saja dulu juga saya pertama kali ganti baterai iPhone 4 cuma ngikutin panduan dari internet.

1 komentar untuk "Cara Mengganti Baterai Tanam HP atau Laptop"